Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi Covid Tahap Dua, Pedagang Pasar jadi Prioritas

Kemenkes bakal menerapkan sistem vaksinasi mobile kepada para pedagang pasar. Dengan demikian, pelaksanaan vaksinasi bisa memungkinkan dilakukan di sejumlah pasar.
Ilustrasi/Antara-Irwansyah Putra
Ilustrasi/Antara-Irwansyah Putra

Bisnis.com, BANDUNG - Vaksinasi Covid-19 tahap kedua menempatkan para pedagang di pasar dalam daftar prioritas.

Para pedagang di pasar masuk dalam daftar kelompok yang pertama divaksinasi Covid-19 pada tahap dua karena merupakan penggerak ekonomi.

Demikian dijelaskan Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu.

"Saya kira pedagang di pasar ini harus mendapatkan perlindungan duluan karena salah satu penggerak ekonomi," kata Maxi di Gedung Sabuga, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/2/2021).

Menurut Maxi para pedagang di pasar memang sangat rentan karena cukup sering berkontak dengan masyarakat luas yang membeli kebutuhan pokok ke pasar.

Langkah tersebut diambil sebagai upaya mempercepat munculnya kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat agar tidak mudah terpapar Covid-19.

Nantinya, kata dia, Kemenkes bakal menerapkan sistem vaksinasi mobile kepada para pedagang pasar. Dengan demikian, pelaksanaan vaksinasi bisa memungkinkan dilakukan di sejumlah pasar.

"Ini pesan Pak Menteri, saya lagi buat konsep untuk bukan hanya di gedung, tapi ada mobile, kita mendatangi langsung ke pasar," kata Maxi.

Untuk proses vaksinasi itu, Kemenkes sudah memiliki data sasaran vaksinasi kepada pedagang di pasar. Namun koordinasi dari bawah ke atas untuk sinkronisasi data menurutnya masih perlu dilakukan.

"Kami akan coba mengadakan, membuat juga format untuk dikirim ke daerah, sambil menunggu itu, data yang kita cross check antara pemerintah pusat dan daerah pelaksanaannya harus sejalan," kata Maxi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper