Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berencana Gabung Pakta Perdagangan Trans-Pasifik, Ini Ambisi Inggris

Sejak meninggalkan Uni Eropa, Inggris telah menegaskan niat untuk bergabung dalam Kesepakatan Kerja Sama Komprehensif dan Progresif Trans-Pasifik (CPTPP).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Januari 2021  |  17:25 WIB
Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson - Bloomberg/Simon Dawson
Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson - Bloomberg/Simon Dawson

Bisnis.com, LONDON - Inggris berambisi untuk menjadi pemenang perdagangan bebas dunia. Caranya, negeri itu akan bergabung dengan pakta perdagangan Trans-Pasifik.

Inggris akan secara formal mengajukan diri untuk bergabung dengan pakta kerja sama Trans-Pasifik yang mencakup 11 negara.

Pemerintah Inggris menyebutkan, Sabtu (30/1/2021), negosiasi akan dimulai pada akhir 2021.

Sejak meninggalkan Uni Eropa, Inggris telah menegaskan niat untuk bergabung dalam Kesepakatan Kerja Sama Komprehensif dan Progresif Trans-Pasifik (CPTPP).

Perjanjian tersebut menghilangkan sebagian besar tarif antara Australia, Brunei, Kanada, Chile, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, dan Vietnam.

"Satu tahun sejak kita keluar dari Uni Eropa (EU), kita membentuk kemitraan-kemitraan baru yang akan membawa manfaat ekonomi besar bagi masyarakat Inggris," ujar Perdana Menteri Boris Johnson melalui pernyataan resminya.

Pada Kamis (28/1), Reuters melaporkan bahwa Inggris tidak akan memublikasikan hasil tinjauan keuntungan ekonomi dari keanggotaan CPTPP sebelum menyampaikan pengajuan untuk bergabung.

Hal itu berlawanan dengan apa yang dijanjikan Inggris sebelumnya.

Analisis ekonomi sebelumnya yang dilakukan pemerintah menyangkut Brexit telah menunjukkan adanya berbagai peningkatan kecil terhadap produksi ekonomi dari berbagai kesepakatan perdagangan tambahan.

Pemerintah Inggris menyebutkan bahwa bergabung dalam CPTPP akan menghilangkan tarif produk makanan dan minuman serta mobil. Pada saat bersamaan membantu mendorong sektor teknologi dan jasa.

Menteri perdagangan Inggris akan berbicara dengan mitra-mitranya di Jepang dan Selandia Baru pada Senin (1/2) dan menyampaikan secara resmi permintaan untuk bergabung ke CPTPP, bunyi pernyataan itu.

"Mengajukan untuk menjadi negara baru pertama yang bergabung ke CPTPP menunjukkan ambisi kita untuk melakukan bisnis dengan ketentuan terbaik dengan sahabat-sahabat dan mitra-mitra kita di seluruh dunia dan menjadi pemenang perdagangan bebas dunia yang antusias," kata PM Johnson.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uni eropa inggris perdagangan bebas pasifik

Sumber : Antara/Reuters

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top