Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Shinzo Abe dan Trudeau Sepakat Perkuat CPTPP Tanpa Amerika Serikat

Para pemimpin Kanada dan Jepang sepakat memperkuat pakta perdagangan Pasifik yang mulai berlaku kembali pada awal tahun ini tanpa melibatkan Amerika Serikat.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 April 2019  |  06:44 WIB
Bendera Jepang - Istimewa
Bendera Jepang - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Para pemimpin Kanada dan Jepang sepakat memperkuat pakta perdagangan Pasifik yang mulai berlaku kembali pada awal tahun ini tanpa melibatkan Amerika Serikat.

Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP) yang disepakati itu bertujuan untuk menghilangkan hambatan perdagangan di antara 11 negara yang mewakili hampir 500 juta konsumen di kawasan Asia-Pasifik. Tujuannya adalah untuk melawan pengaruh ekonomi China yang sedang tumbuh.

Presiden AS Donald Trump mengundurkan diri kesepakatan itu pada 2017 sebelum kesepakatan itu diratifikasi.

Pada konferensi pers bersama di Ottawa, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan tuan rumahnya Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan pakta itu "sangat menguntungkan" warga negara masing-masing dan bisnis dari negara-negara anggota, termasuk Kanada dan Jepang.

"Terus bergerak maju dalam perdagangan yang lebih bebas dan lebih terbuka sesuai dengan aturan yang kita semua bisa sepakati adalah sesuatu yang sangat kita butuhkan," kata Trudeau.

CPTPP "sangat kontras" dengan meningkatnya proteksionisme yang dipicu oleh Amerika Serikat, katanya.

Dia mencatat bahwa ekspor daging sapi Kanada ke Jepang meningkat tiga kali lipat dalam beberapa bulan terakhir "sementara Amerika tidak memiliki akses semacam itu."

"Saya pikir secara konkret sudah terlihat manfaat dari kerja sama ini dan tidak kembali pada proteksionisme sebagai cara menumbuhkan ekonomi kita," katanya.

Komentarnya didukung Abe dengan mengatakan kerja sama itu harus menjadi model ke depan sebagaimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin (29/4/2019). 

Abe mengaku bangsanya menikmati lebih banyak "produk Kanada yang berkualitas tinggi" berdasarkan pakta tersebut. Sebaliknya, Jepang memiliki harapan besar untuk ekspansi lebih lanjut dari ekspor produk-produk berkualitas tinggi Jepang ke pasar Kanada.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang amerika serikat kanada
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top