Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Risma Tantang Anies di Pilgub DKI 2022? Pengamat: Hubungan PKS-Gerindra Sedang Rusak

Jika mau aman, Gerindra lebih baik tetap bergandengan dengan Anies.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  13:52 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Amad Riza Patria memberi penjelasan perihal diberlakukannya kembali PSBB seperti awal pandemi Covid-19, Rabu (9/9/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Amad Riza Patria memberi penjelasan perihal diberlakukannya kembali PSBB seperti awal pandemi Covid-19, Rabu (9/9/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin berpendapat, bahwa koalisi antara Partai Gerindra dan PKS masih bisa terjalin, jika Pilkada DKI diselenggarakan pada 2022.

"Saat ini, hubungan Gerindra dengan PKS sedang rusak. Namun, bisa diperbaiki," kata Ujang melalui pesan singkatnya, Kamis (28/1/2021).

Menurut Ujang, dinamika politik di DKI masih sangat cair dan penuh kejutan. Menurut dia, selama ini tidak ada koalisi partai yang berlandaskan ideologi.

"Koalisinya bersifat temporer dan pragmatis. Jadi, koalisi PKS-Gerindra mungkin-mungkin saja. Untuk PKS mungkin di wakil," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, Gerindra dan PKS bisa memajukan calon inkumben Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Riza Patria yang telah menjadi wakil gubernur menggantikan Sandiaga Uno.

Namun, kata dia, skenario itu semua tergantung dari dinamika politik yang akan terjadi ke depan.

Menurut Ujang, jika Ketua DPD Gerindra DKI Riza Patria mau aman, lebih baik tetap bergandengan dengan Anies lagi di Pilkada DKI.

"Satu paket dengan Anies, karena Aniesnya inkumben gubernur. Dianya innkumben wakil gubernur. Kuat dan bisa menang lagi."

Riza juga bisa disandingkan dengan Tri Rismaharini, yang berpotensi diusung PDI Perjuangan menjadi penantang Anies.

Menurut Ujang, menyandingkan Riza dengan Risma sangat mungkin terjadi, karena hubungan PDIP dengan Gerindra sedang berjalan harmonis.

"Riza bisa saja menjadi wakil Risma karena tak ada yang tak mungkin dalam politik. Hubungan kedua partai mereka juga sedang berjalan baik."

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pks pilkada gerindra tri rismaharini

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top