Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Foto-Foto Negara Eropa Mulai Merubah Tempat Publik Menjadi Tempat Vaksinasi Covid-19

Semua negara sekarang berlomba-lomba mendistribusikan vaksin Covid-19 kepada warganya. Tidak tanggung-tanggung, beberapa negara mengubah tempat publik seperti mengubah stadion sepak bola, tempat parkir, dan bahkan museum seni menjadi tempat untuk vaksinasi
Abdullah Azzam
Abdullah Azzam - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  11:03 WIB
Kendaraan berbaris di lokasi vaksinasi Covid-19 di tempat parkir Stadion Dodger di Los Angeles. Situs ini dapat menginokulasi 12.000 orang sehari ketika beroperasi penuh. Bloomberg - Bing Guan
Kendaraan berbaris di lokasi vaksinasi Covid-19 di tempat parkir Stadion Dodger di Los Angeles. Situs ini dapat menginokulasi 12.000 orang sehari ketika beroperasi penuh. Bloomberg - Bing Guan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang menyebar keseluruh penjuru duna kini memasuki babak baru setelah beberapa vaksin Covid-19 telah diluncurkan.

Semua negara sekarang berlomba-lomba mendistribusikan vaksin Covid-19 kepada warganya. Tidak tanggung-tanggung, beberapa negara mengubah tempat publik seperti mengubah stadion sepak bola, tempat parkir, dan bahkan museum seni menjadi tempat untuk vaksinasi.

Suasana Stadion Es Erika Hess Berlin diubah menjadi pusat vaksinasi massal. Bloomberg/Pool/Getty Images/Kay Nietfeld

Semua negara memiliki tujuan sama yaitu menyuntik orang sebanyak mungkin secepat mungkin. Lebih dari 50 negara berlomba untuk memvaksinasi penduduk mereka guna mencegah meningkatnya jumlah kematian akibat gelombang ketiga infeksi.

Untuk melengkapi jaringan rumah sakit, klinik medis, apotek, dan fasilitas perawatan kesehatan lainnya yang ada, banyak yang mendirikan lokasi vaksinasi massal yang mampu memproses kerumunan.

Pusat acara Arena Berlin diubah menjadi pusat vaksinasi bersama. Bloomberg/Getty Images/Poll/Christian Marquardt

Sejauh ini, Jerman, Inggris dan AS dan Israel berada di garis depan dalam pembangunan vaksinasi massal ini.

Di Berlin, pihak berwenang telah menetapkan arena seluncur es, velodrome, dua terminal bandara, dan aula pameran dagang untuk tempat vaksinasi.

Petugas kesehatan bekerja di ruang bawah tanah Katedral Blackburn di barat laut Inggris. Tempat tersebut menjadi salah satu dari 10 pusat vaksinasi massal Covid-19 baru di Inggris Raya. Bloomberg/AFP/Getty Images/ Peter Byrne

Sedangkan di Inggris Raya, Epsom Downs Racecourse di selatan London menjadi salah satu dari tujuh tempat untuk menyuntikan vaksin. Selain itu pemerintah Inggris baru-baru ini menambahkan 10 situs lagi ke daftarnya, termasuk Katedral Blackburn di Lancashire.

Di AS, fasilitas vaksinasi massal sedang dipasang di Lapangan Citi Kota New York, Taman Fenway Boston, dan di luar Disneyland California.

Kendaraan berbaris di lokasi vaksinasi Covid-19 di tempat parkir Stadion Dodger di Los Angeles. Situs ini dapat menginokulasi 12.000 orang sehari ketika beroperasi penuh. Bloomberg/Bing Guan

Pembanguna  tempat massal tersebut membuat potensi ancaman nasional kian bertambah meski oasokan vaksin diawasi dengan cermat dan disimpan dalam freezer terkunci untuk menghindari pencurian dan penjualan kembali di pasar gelap.

Ancaman keamanan siber juga menjadi menonjol, karena semua pendingin super dilengkapi dengan peralatan teknologi, termasuk pelacak GPS dan sensor Bluetooth.

Albrecht Broemme menampilkan denah lantai aula acara Treptow Arena Berlin yang diubah menjadi pusat vaksinasi Covid-19 massal. Bloomberg/Getty Images Eropa/Sean Gallup

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Abdullah Azzam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top