Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menag Yaqut Sowan ke PBNU, Sampaikan Pesan Jokowi soal Kemandirian Pesantren

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Presiden Jokowi berharap pesantren bisa mandiri secepatnya.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  21:44 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas / Dok. Setpres RI
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas / Dok. Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersilaturahmi ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di bilangan Kramat Raya, Jakarta pada Selasa (26/1/2021).

Menag dan sejumlah pejabat Kemenag tampak tiba di Kantor PBNU sekitar pukul 15.50 WIB dan langsung bertemu Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj. Hadir juga para kiai dan pengurus badan/lembaga otonom di bawah PBNU. 

Pada kesempatan tersebut, Gus Yaqut memohon doa Kiai Said Aqil dan keluarga besar PBNU dalam mengemban amanah sebagai Menteri Agama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya mohon doanya Kiai Said Aqil dan keluarga besar PBNU. Saya menyadari tantangan saya di Kemenag tidaklah mudah, baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Presiden tidak memberi waktu panjang kepada saya, melainkan waktu yang pendek," kata Gus Menteri di Jakarta seperti dikutip dari keterangan resmi yang dirilis Kemenag, Selasa (26/1/2021). 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan salah satu hal yang diharapkan Presiden Jokowi ketika menunjuknya sebagai Menag ialah mendorong agar pesantren bisa mandiri secepatnya.

"Salah satu yang diinginkan Presiden itu bagaimana pesantren bisa mandiri secepatnya. Konsep pesantren mandiri itu harus selesai dalam waktu enam bulan. Sekali lagi saya mohon doa dari kyai dan kita semua," ujarnya.

Menag pun berkisah ketika dirinya ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Agama. Dia mengaku orang yang pertama diingatnya adalah Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj. 

"Malah saat sambutan pertama saya usai dilantik adalah apa yang disampaikan oleh KH Said Aqil Siradj, yaitu agama adalah inspirasi. Alhamdulillah, pernyataan Kiai Said yang saya sampaikan itu bahwa agama adalah inspirasi kini diimplementasikan Sekjen dan seluruh jajaran Kemenag, pusat, dan daerah," paparnya.

Sementara itu, Ketum PBNU Kiai Said mengakui tugas Gus Yaqut sebagai Menteri Agama sangat berat. "Amanah yang diemban Menteri Agama sangat berat, terutama dalam mengembalikan agama yang universal dan menginspirasi," katanya. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pbnu pesantren menag
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top