Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pesan AHY ke Calon Kapolri Listyo Sigit: Justice For All!

Kapolri yang baru diharapkan dapat membuat Polri semakin aktif dalam menegakan hukum yang independen, netral dan imparsial.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  19:51 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)  -  Twitter
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Kojmen Polisi Listyo Sigit Prabowo yang merupakan calon tunggal Kapolri di Kantor DPP Partai Demokrat.

"Hari ini, di kantor DPP @PDemokrat, saya bersilaturahmi dengan Komjen Pol Listyo Sigit," kata AHY melalui media sosial twitter, Senin (18/1/2021).

Dalam pertemuan tersebut, AHY mengaku sempat menyampaikan harapannya kepada Listyo Sigit jika nanti terpilih sebagai Kapolri. Adapun, dalam waktu dekat ini, DPR RI akan segera melaksanakan uji kepatutan dan kelayanan (fit & proper test) terhadap Komjen Pol Listyo Sigit.

"Saya dan @PDemokrat menyampaikan harapan agar nanti jika terpilih, di bawah kepemimpinan beliau, Polri dapat semakin aktif dalam menegakan hukum yang independen, netral dan imparsial," ujarnya.

Selain itu, dia juga berharap agar ke depannya, Polri semakin profesional dalam menyelesaikan isu-isu terkait intoleransi, radikalisme, serta semakin sukses dalam menciptakan stabilitas keamanan nasional.

"Terakhir, saya menyampaikan pada Komjen Sigit agar Kapolri yang baru dapat berdiri di atas semua kelompok, golongan dan kepentingan. Agar keadilan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat, justice for all. Semoga sukses Komjen Sigit," ujar AHY.

Adapun, dalam pertemuan tersebut, AHY didampingi oleh Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, perwakilan Komisi III Fraksi PD DPR RI Benny K. Harman, dan sejumlah politikus Partai Demokrat lainnya seperti Hinca Panjaitan, Didik Mukrianto dan Santoso, serta Wasekjen Partai Demokrat Agust Jovan Latuconsina.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menerima Surat Presiden atau Surpres tentang nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Berdasarkan Surpres tersebut, Presiden Jokowi mengusulkan nama Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

Surpres bernomor R-02/Pres/01/2021 tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

“Pada hari ini, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan usulan Pejabat Kapolri kepada DPR RI, atas nama Komjen (Pol) Drs. Listyo Sigit Prabowo, Msi, untuk mendapatkan persetujuan DPR,” kata Puan.

Menurutnya, proses persetujuan calon Kapolri ini akan ditempuh selama 20 hari, terhitung sejak tanggal surat Presiden diterima oleh DPR.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai demokrat agus harimurti Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top