Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

China Donasikan 500.000 Dosis Vaksin Covid-19 ke Filipina

Selain itu, China juga berjanji mempercepat investasi infrastruktur di Filipina.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 17 Januari 2021  |  11:33 WIB
SM Mall of Asia, pusat perbelanjaan terbesar di Bay City, Manila - Bloomberg
SM Mall of Asia, pusat perbelanjaan terbesar di Bay City, Manila - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – China akan menyumbangkan 500.000 dosis vaksin virus corona ke Filipina dan berjanji mempercepat investasi infrastruktur di negara tersebut.

Dilansir Bloomberg, janji tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada Sabtu (16/1/2021) selama pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin dan Presiden Rodrigo Duterte di Manila.

"Pemulihan negara didukung oleh ekonomi yang lebih kuat. China memainkan peran yang sangat penting dalam menghidupkan kembali ekonomi kawasan kami. Mari kita lakukan semua yang kita bisa untuk menghidupkan kembali kegiatan ekonomi antara Filipina dan China,” ungkap Duterte, seperti dikutip Bloomberg.

Kunjungan Wang ke Filipina tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam lawatan ke Asia Tenggara dalam sepekan. Selain ke Filipina, Wang juga akan mengunjungi Indonesia dan Myanmar.

Kunjungan menlu China tersebut dilakukan di tengah ketegangan yang berkepanjangan di Laut China Selatan dan menjelang pergantian kepemimpinan di AS.

China juga sepakat untuk menggelontorkan 500 juta yuan (Rp1,09 triliun) dalam bentuk hibah untuk membiayai proyek infrastruktur.

Wang berkomitmen untuk menyelesaikan proyek infrastruktur yang didanai China, antara lain rencana jembatan senilai US$400 juta yang akan menghubungkan Pulau Samal ke kota asal Duterte, Davao, dan proyek kereta api kargo senilai US$ 940 juta yang menghubungkan zona pelabuhan lepas Subic Bay dan bandara Clark.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china filipina Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top