Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Daftar Pemimpin Dunia yang Sudah Disuntik Vaksin Sebelum Jokowi

Berikut ini daftar pemimpin dunia yang sudah divaksin sebelum Jokowi.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  09:39 WIB
Presiden Joko Widodo saat membuka rapat terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi di Istana Negara, Rabu (6/1 - 2021) / Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat membuka rapat terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi di Istana Negara, Rabu (6/1 - 2021) / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo direncanakan akan menerima vaksin Covid-19 hari ini pada pukul 10.00 WIB.

Vaksinasi yang dilakukan Presiden akan disiarkan melalui live streaming di YouTube Sekretariat Presiden. Adapun, injeksi akan dilakukan oleh dokter kepresidenan.

Vaksin yang disuntikan kepada Joko Widodo adalah vaksin Sinovac yang diproduksi China.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) atas vaksin tersebut pada 11 Januari 2021.

Sebelum Presiden Joko Widodo, beberapa pemimpin dunia telah melakukan vaksinasi lebih awal. Berikut ini daftarnya:

1. Perdana Menteri Lee Hsien Loong

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menerima dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech pada hari Jumat (8/1/2021) di Rumah Sakit Umum Singapura (SGH) pada peluncuran resmi vaksinasi untuk petugas kesehatan.

Institusi kesehatan umum, termasuk rumah sakit dan poliklinik, di Singapura akan memulai vaksinasi untuk staf mereka pada hari Jumat (8/1/2021). SGH memperkirakan sekitar 90 karyawannya akan mendapatkan vaksinasi pada hari pertama vaksinasi ini.

Dikutip dari Channel News Asia, peluncuran resmi dilakukan setelah uji coba skala kecil di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular, di mana 40 karyawan menerima suntikan mereka pada 30 Desember 2020.

2. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

Vaksinasi Covid-19 mulai dilaksanakan di Israel, Sabtu (19/12/2020). Pelaksanaan program itu ditandai dengan penyuntikan vaksin virus Corona kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Menurut laporan Al Jazeera, Netanyahu dengan demikian menjadi orang pertama di Israel yang menerima vaksin Covid-19.

"Saya yang meminta untuk divaksin pertama kali, bersama dengan Menteri Kesehatan Yuli Edelstein. Hal itu untuk memberikan contoh kepada masyarakat sekaligus membujuk mereka untuk ikut vaksinasi," ujar Netanyahu seperti dikutip Antara, Minggu (20/12/2020).

3. Raja Arab Salman

Raja Arab Saudi Salman bi Abdulaziz al-Saud menerima dosis pertama vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTench pada Jumat (8/1/2021).

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah berterima kasih kepada Raja Salman lantaran penerimaan vaksin tersebut menjadi salah satu bentuk dukungan demi kepentingan warga masyarakat sejak awal pandemi hingga saat ini.

“Hari ini, Raja menerima vaksin untuk mencegah dirinya terpapar virus, dan inisiarif ini menegaskan bahwa kerajaan mengutamakan pencegahan dibandingkan pengobatan,” ungkap Al-Rabiah, mengutip Arab News, Sabtu (9/1/2021).

4. Presiden terpilih AS Joe Biden

Presiden terpilih AS Joe Biden pada Senin (11/1/2021) menerima dosis kedua vaksin Covid-19, empat minggu setelah dia diberikan suntikan pertama.

Biden disuntik dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech di sebuah rumah sakit di Newark, Delaware, negara bagian yang menjadi tempat kelahirannya dan markas transisinya berada. Biden menerima dosis pertama pada 21 Desember.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Sinovac Vaksin Covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top