Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Distribusi Vaksin, JK: Pencegahan Covid-19 Tetap Harus Dilakukan

Sebelum vaksin siap untuk didistribusikan, upaya pencegahan tetap harus dilakukan secara terus menerus.
Ilustrasi - Plasma darah sedang dipegang oleh petugas medis/Istimewa
Ilustrasi - Plasma darah sedang dipegang oleh petugas medis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 akan terus dilakukan oleh Palang Merah Indonesia.

Upaya pencegahan Covid-19 dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu akan terus digiatkan sebelum vaksin siap didistribusikan.

Demikian disampaikan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla.

"Sebelum vaksin siap untuk didistribusikan, upaya pencegahan tetap harus dilakukan secara terus menerus. Untuk itu, PMI akan mendistribusikan paket PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), APD (alat perlindungan diri) kepada masyarakat dan kepada petugas medis di wilayah Jabodetabek," kata Jusuf Kalla saat berkunjung ke Gudang Darurat Penanganan Covid-19 PMI, di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Jusuf Kalla yang akrab disapa JK itu melalui keterangan tertulis menegaskan upaya mitigasi tetap harus dilakukan dengan menunggu kesiapan vaksin untuk masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut, JK yang didampingi Sekjen PMI Sudirman Said mengecek kesiapan dan stok gudang darurat Covid-19 dan menginstruksikan untuk segera mendistribusikan stok yang ada kepada PMI di wilayah Jabodetabek untuk diteruskan kepada masyarakat.

JK juga menambahkan ada sejumlah barang yang akan distribusikan, yaitu paket PHBS sebanyak 13 ribu, baju hazmat 11 ribu, kacamata 10 ribu, sarung tangan 2.450 unit, dan faceshield sebanyak 4.400 unit dan 19 ribu unit sprayer.

Selain itu, PMI juga menyiapkan terapi plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien dengan Covid-19. Sejauh ini, sudah 18 unit donor darah (UDD) yang siap dalam donor plasma.

“Terapi ini merupakan salah satu alternatif dalam penyembuhan Covid-19, saya harapkan masyarakat dengan sukarela untuk membantu sesama dengan melakukan donor plasma," ujar JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper