Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Petrus Golose, 'Jenderal Garang' Pilihan Jokowi untuk Pimpin BNN

Selama menjabat Kapolda Bali, Golose berhasil menekan ancaman kriminalitas dan kekerasan berbasis ormas kedaerahan.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  09:09 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (kiri), Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung, dan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose mendengarkan Dansatgas Komlek Brigjen TNI Budi saat meninjau Command Center, The Nusa Dua, Sabtu (15/9)./JIBI/BISNIS -  Ema Sukarelawanto
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (kiri), Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung, dan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose mendengarkan Dansatgas Komlek Brigjen TNI Budi saat meninjau Command Center, The Nusa Dua, Sabtu (15/9)./JIBI/BISNIS - Ema Sukarelawanto

Bisnis.com, JAKARTA - Selain 6 calon menteri dan wakil menteri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Irjen Pol Petrus Reinhard Golose sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Petrus Golose akan menggantikan Komjen Pol Heru Winarko yang akan telah pensiun sejak 1 Desember 2020. Petrus adalah putra Minahasa lahir di Kota Manado pada tanggal 27 November 1965.

Sebelum akan dilantik sebagai Kepala BNN, Petrus Golose telah malang melintang di berbagai bidang kepolisian mulai dari pemberantasan terorisme, reskrim, hingga pemberantasan narkoba.

Alumnus Akademi Kepolisian tahun 1988 juga tercatat ikut melumpuhkan kelompok teroris dr Azahari di Malang. Dia juga dikenal dekat dengan eks Kapolri Jenderl Pol (Purn) Tito Karnavian

Petrus juga lama menjabat sebagai Kapolda Bali. Selama menjabat Kapolda Bali, Golose berhasil menekan ancaman kriminalitas dan kekerasan berbasis ormas kedaerahan. Dia bahkan memenjarakan beberapa petinggi ormas yang sebelumnya banyak berkeliaran di jalanan Pulau Dewata.

Selain itu, salah satu peristiwa yang cukup memantik perhatian publik adalah ketika dia menggerebek lokasi diskotik Akasaka. Diskotik ini berlokasi di jantung keramaian Kota Denpasar dan dikenal sebagai tempat peredaran narkoba.

Selain menangkap pemilik sekaligus memenjarakannya, Golose juga menutup diskotik tersebut. Tak cukup dengan hal itu, Petrus juga meletakkan sebuah kendaraan taktis atau rantis di depan pintu masuk Akasaka.

Setelah hampir empat tahun bertugas, Petrus akhirnya dimutasi oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menjadi Perwira Tinggi (Pati) Bareskrim Polri. Petrus saat ini diketahui akan bertugas sebagai Kepala BNN dan akan dilantik pagi ini. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bnn Tito Karnavian
Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top