Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Pelunas Utang yang Diajarkan Rasulullah SAW

Doa pelunas utang berguna agar Allah Swt memberikan solusi dan kekuatan kepada semua hamba-Nya dalam menghadapi semua cobaan di dunia.
Ilustrasi Berdoa / Istimewa
Ilustrasi Berdoa / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Utang menjadi sesuatu hal yang sangat meresahkan dalam kehidupan. Mengatasi utang tidak cukup hanya dengan bekerja. Anda juga harus memanjatkan doa agar diberi kemudahan untu melunasi semua utang.

Tak ada salahnya mengamalkan doa pelunas utang agar dipermudahkan dalam melunasi semua tunggakan. Doa pelunas utang berguna agar Allah Swt memberikan solusi dan kekuatan kepada semua hamba-Nya dalam menghadapi semua cobaan dan rintangan.

Berikut amalan atau doa agar terbebas dari utang di dunia:

1. Doa pelunas utang dalam Al-Qur'an
Adapun surat dalam Al-Qur'an yang mengandung doa pelunas utang, yaitu pada Ali Imran ayat 26. Berikut bunyi QS Ali Imran ayat 26:

QS Ali Imran ayat 26
QS Ali Imran ayat 26

Latin: Qulillaahumma maalika al-mulki. Tu’ti al-mulka man tasyaa’u. Wa tanzi’u al-mulka min man tasyaa’u. Wa tu’izzu man tasyaa’u wa tudzillu man tasyaa’u. Biyadika al-khoiru. Innaka ‘alaa kulli syai’in qodiir

Artinya: Katakanlah, wahai Tuhan yang memiliki semua kerajaan, Engkau akan memberikan kerajaan kepada siapapun yang dikehendaki. Dan Engkau pun juga akan mencabut suatu kerajaan kepada setiap orang yang dikehendaki. Engkau akan memuliakan orang yang dikehendaki dan juga menghinakan orang yang dikehendaki pula. Di tangan Engkau adalah semua kebaikan. Dan sesungguhnya Engkau Maha Menguasai segala sesuatu. (QS Ali Imran ayat 26)

2. Selain QS Ali Imron ayat 26, doa untuk melunasi utang juga terdapat pada QS Ali Imron ayat 27. Berikut bunyinya:

QS Ali Imron ayat 27
QS Ali Imron ayat 27

Latin: Tulijul-laila fin-nahari wa tulijun-nahara fil-laili wa tukhrijul-hayya minal-mayyiti wa tukhrijul-mayyita minal-hayyi wa tarzuqu man tasya`u bigairi hisab

Artinya: Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Dan Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan. (QS Ali Imran ayat 27)

3. Doa pelunas utang dari Hadis Nabi
Bukan hanya doa pelunas utang yang berasal dari Al-Qur'an, tetapi ada juga doa yang berasal dari Hadis Nabi. Hadis ini bersumber dari riwayat Imam Muslim Nomor 2173.

Berikut lafaznya: Allaahumma robba al-samaawaati al-sab’I wa robba al-‘arsy al-adziim. Robbanaa wa robba kulli syai’in. Faaiqol habbi wa al-nawaa wa munzilaa al-Taurooti wa al-Injiil wa al-Furqon. A’uudzuubika min syarri kulli syai’in anta aaakhizun binaashiyatih. Allaahumma Anta al-Awwalu wa Anta al-Aakhiru falaisa ba’daKa syai’un. Wa Anta al-zaahitu fa laisa fauqoKa syai’un. Wa Anta al-Baatinu falaisa duunaka syai’un. Iqdhi ‘anna al-daina min al-faqri

Artinya: "Ya Tuhan Allah yang merupakan Penguasa langit ke tujuh. Tuhan yang menjadi penguasa atas ‘Arsy yang Agung. Tuhan Kami dan Tuhan segala sesuatu. Tuhan yang telah membelah aneka jenis butir tumbuhan dan juga biji dari buah-bauahn. Tuhan yang telah menurunkan Kitab Taurat dan juga Kitab Injil dan juga al-Furqan (Al-Quran). Aku senantiasa berlindung kepada Engkau daripada kejahatan semua hal yang Engkau memegang ubun-ubun mereka semua (semua makhluk adalah atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau sesungguhnya adalah permulaan dan tidak ada satupun sesuatu sebelum Engkau. Engkau pun juga menjadi yang terakhir dan tidak ada apapun sesudah Engkau. Engkau juga menjadi sesuatu yang lahir dan tidak ada apapun di atas Engkau. Dan Engkau juga tergolong yang Batin dan tidak ada apapun yang luput dari penglihatan Engkau. Maka, lunasilah hutang Kami dan berikan kepada Kami kecukupan dan kekayaan sehingga dapat terlepas dari kefakiran hidup."

Selain itu, masih ada Hadis lain yang tergolong doa pelunas utang yang segunung, yaitu sebuah Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan sifatnya Hasan.

Berikut lafaznya: Allahumma ikfiinii bi halaalika ‘an haroomika wa aghniinii bi fadlika ‘an man siwaaka

Artinya: Ya Allah, cukupkan kepada hamba sesuatu yang halal dan jauhkanlah hamba dari sesuatu yang sifatnya haram. Juga cukupkanlah hamba dengan karuniaMu dan hindarkan hamba bergantung kepada selain Engkau.

Ada pula doa agar seseorang terbebas dari utang yang diajarkan oleh Nabi yang bersumber dari Sunan Abu Dawud yang diperoleh dari Abu Umamah.

Doa ini harus dibaca pada setiap pagi dan petang secara istiqomah agar memberikan manfaat dan kemudahan dalam mengatasi masalah utang. Khususnya untuk jenis utang yang berkepanjangan. Selain itu, berbagai kesulitan dalam hidup juga dapat diatasi dengan membaca doa ini.

Berikut lafaz doanya: Allahumma inni a’uudzubika min al-hammi wa al-hazani wa a’udzubika min al-‘ajzi wa al-kasali wa a’uudzubika min al-jubni wa al-bukhli wa a’uudzubika min al-ghoobati al-diini wa qohri al-rijaali

Artinya: Ya Tuhanku, hamba berlindung kepada Engkau dari segala sifat gelisah dan kesedihan. Dari segala kelemahan dan juga kemalasan. Dari segala sifat yang berkaitan dengan pengecut dan juga kikir. Serta berlindung kepada Engkau dari beban hutang dan juga dominasi dari orang lain (HR Abu Dawud).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper