Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkeu Sri Mulyani: Jadi Pemimpin, Terlebih Perempuan, Tak Mudah

Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui akun Instagram pribadinya, @smindrawati, Senin (21/12/2020) dini hari.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 21 Desember 2020  |  02:25 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan rancangan APBN 2021 dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12/2020)  -  Foto: Kemenkeu RI
Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan rancangan APBN 2021 dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12/2020) - Foto: Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati  membagikan pengalamannya menjadi pemimpin, terlebih sebagai perempuan.

Hal itu diungkapkannya melalui akun Instagram pribadinya, @smindrawati, Senin (21/12/2020) dini hari. Melalui akun media sosial itu, Sri Mulyani membagikan sebuah video ketika dirinya menjadi Principal Mentor pada Girls Leadership Class bertajuk Mendorong Kepemimpinan Anak dan Kaum Muda Perempuan Dalam Pembangunan, Minggu (20/12/2020).

Dalam unggahan itu, dia memberikan keterangan yang menyatakan bahwa menjalani peran sebagai pemimpin tidak mudah, terlebih sebagai seorang perepuan. Ujian, jelasnya, menjadi hal jamak yang dihadapinya.

"Menjadi pemimpin, terlebih lagi perempuan, tidaklah mudah. Di dalam perjalanan hidup, kalian akan banyak diuji. Bisa jadi apa yang kalian rencanakan atau cita-citakan tidak sesuai dan kalian akan dihadapkan pada seribu alasan untuk menyerah," demikian tulisanya pada akun tersebut.

Menurutnya, kegagalan menjadi hal biasa dalam menjalani peran sebagai pemimpin. Namun, kata Sri Mulyani, yang membedakan kualitas seseorang, apakah dia pemenang atau pecundang, adalah sikap dalam menghadapi kegagalan tersebut.

"Seorang pemenang akan memiliki daya tahan dan determinasi tinggi untuk tidak menyerah dan membiarkan cita-citanya layu," kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.

Oleh karena itu, Sri Mulyani berpesan agar pemimpin tak mudah menyerah. Kegagalan, jelas dia, bukan berarti akhir sehingga setiap orang harus terus berusaha meraih cita-cita.

"Di dalam membangun leadership, yang pertama harus dimiliki adalah kemampuan memimpin dirinya sendiri, sebelum memimpin orang lain. Pemimpin juga harus punya kualitas kompetensi, kepekaan emosi, dan jiwa empati. Jangan pernah berhenti belajar termasuk beradaptasi dengan teknologi," demikian tulis Sri Mulyani.

Sri Mulyani pun mengingatkan seluruh perempuan muda Indonesia untuk terus menginsiprasi orang di sekelilingnya dengan memberi contoh. "Bantulah teman-temanmu dengan mempersuasi dan mengajak berjuang mengejar cita-cita," begitu pesan Menkeu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani perempuan kepemimpinan
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top