Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pilkada 2020: Surabaya dan Blitar Dikuasai PDIP, Pasuruan Direbut Gus Ipul

Tiga kota di Jawa Timur telah menggelar pemilihan kepala daerah atau Pilkada pada 9 Desember 2020 lalu.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 12 Desember 2020  |  18:37 WIB
Tampilan penghitungan suara (real count) Pilkada Serentak 2020 di situs KPU RI  -  sumber: infopemilu2.kpu.go.id
Tampilan penghitungan suara (real count) Pilkada Serentak 2020 di situs KPU RI - sumber: infopemilu2.kpu.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi - Armudji masih berada di atas angin. Perolehan suara sementara pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan ini berdasarkan real count KPU mencapai 57,4%.

Sementara itu, perolehan rival politik Cak Eri-Armudji, yakni paslon Machfud Arifin dan Mujiaman hanya sebanyak 42,6%. Perolehan suara itu didasarkan surat suara yang masuk per Sabtu (12/12/2020) pukul 18.00 WIB dari 3.391 TPS dari 5.184 TPS atau 65,4%. 

Di sisi lain, di Kota Pasuruan, paslon Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Adi Wibowo juga jauh mengungguli petahana Raharto Teno Prasetyo dan Mochammad Hasjim Asjari. 

Dikutip dari laman resmi KPU, Gus Ipul dan Cak Adi memperoleh 68,4% suara. Sementara Raharto - Hasjim Asjari hanya memperoleh 31,6%. Gus Ipul sendiri merupakan calon penantang yang turun gunung setelah dalam Pilgub beberapa waktu lalu dikalahkan oleh Khofifah Indar Parawansa.

Selain Pasuruan dan Surabaya, kota lain di Jawa Timur yang menggelar pemilihan wali kota adalah Kota Blitar. Di kota ini, pasangan petahana Santoso - Tjujuk Sunario memperoleh suara sebanyak 57,3% atau unggul dibandingkan lawannya  Henry - Yasin yang hanya memperoleh 42,7% suara.

Seperti diketahui Pilkada 2020 telah berlangsung pada 9 Desember 2020 di 270 daerah baik provinsi hingga tingkat kabupaten dan kota. Khusus di Jawa Timur, gelaran pilkada digelar di 19 daerah yakni di 3 kota dan 16 kabupaten.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu pasuruan surabaya jawa timur wali kota solo blitar
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top