Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

75 Persen Perawat Wafat Akibat Covid-19 Bertugas di Kamar Rawat Inap

Menurut Persatuan Perawat Nasional Indonesia, kemungkinan perawat tertular dari pasien sebelum hasil swab pasien keluar dari laboratorium atau orang tanpa gejala (OTG).
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 05 Desember 2020  |  14:58 WIB
Para perawat medis di RSUD Cengkareng yang mengguakan Alat Pelindung Diri (APD). - Antara
Para perawat medis di RSUD Cengkareng yang mengguakan Alat Pelindung Diri (APD). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Persatuan Perawat Nasional Indonesia menjelaskan bahwa sekitar 75 persen perawat yang meninggal dunia akibat Covid-19 umumnya bertugas di kamar rawat inap.

Harif Fadhilah, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), mengungkapkan kemungkinan perawat tertular dari pasien sebelum hasil swab pasien keluar dari laboratorium atau orang tanpa gejala (OTG).

“Kami menyadari bahwa para tenaga kesehatan dari berbagai divisi sudah kewalahan menangani lonjakan pasien Covid dan hasil swab yang harus diperiksa,” ujarnya melalui siaran pers PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Sabtu (5/12/2020).

Oleh karena itu, kata Harif, pihaknya berharap dukungan pemerintah dan pengelola fasilitas kesehatan untuk meningkatkan kualitas perlengkapan pemeriksaan kesehatan sehingga bisa diperoleh hasil yang lebih cepat untuk mengurangi angka penularan di fasilitas kesehatan, termasuk pemeriksaan rutin untuk para tenaga kesehatan.

Sebelumnya, Tim Mitigasi IDI mengumumkan pembaruan data tenaga medis yang wafat akibat Covid-19 per 5 Desember 2020.

Dari Maret 2020 hingga Desember ini, terdapat 342 petugas medis dan kesehatan yang wafat akibat terinfeksi Covid, yang terdiri atas 192 dokter dan 14 dokter gigi, dan 136 perawat.

Para dokter yang wafat tersebut terdiri atas 101 dokter umum (4 guru besar), dan 89 dokter spesialis (7 guru besar), serta 2 residen yang keseluruhannya berasal dari 24 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah (provinsi) dan 85 IDI cabang (kota/kabupaten).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perawat Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top