Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OTT KPK, Perang Trending Edhy Prabowo dan Susi di Twitter

Setidaknya, empat cuitan yang membahas penangkapan tersebut yaitu Bu Susi, Edhy Prabowo, Breaking News dan Menteri KKP.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 25 November 2020  |  09:28 WIB
Susi Pujiastuti berpose di depan mural Sus Ayo Sus yang mengambarkan dirinya, di kawasan perempatan Nonogan, Solo, Rabu (20/9). -  JIBI/Sunaryo Haryo Bayu
Susi Pujiastuti berpose di depan mural Sus Ayo Sus yang mengambarkan dirinya, di kawasan perempatan Nonogan, Solo, Rabu (20/9). - JIBI/Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersama sejumlah pejabat ditangkap KPK, Rabu (25/11/2020) dini hari.

Buntutnya, nama Edhy dan eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti mendominasi trending di Twitter hari ini.

Setidaknya, empat cuitan yang membahas penangkapan tersebut yaitu Bu Susi, Edhy Prabowo, Breaking News dan Menteri KKP. Akan tetapi, dua nama menteri tersebut cukup menarik perhatian.

Susi Pudjiastuti merupakan menteri KKP pada 2014 - 2019. Selama menjabat, kebijakannya cukup kontroversial dan dikenal berani. Pada periode kedua Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma`ruf Amin, Menteri KKP dijabat Edhy Prabowo.

Adapun, Susi menjabat Menteri KKP saat periode pertama pemerintahan Jokowi (2014-2019).

Perseteruan keduanya tak terelakkan setelah Edhy Prabowo mengatur ulang kebijakan yang pernah dibuat Susi, salah satunya terkait ekspor benih lobster.

Pada 2015, Susi menerbitkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan untuk menghentikan ekspor benih lobster. Kebijakan itu kemudian dicabut oleh Edhy pada pertengahan tahun ini.

Situasi ini membuat Susi berang.

Dia bahkan menyindir kebijakan tersebut melalui Twitter, termasuk membongkar nama perusahaan yang mendapat izin ekspor benih lobster 1 Juli lalu.

Pun mendapat sorotan tajam, Edhy tetap bersikeras mengeluarkan izin ekspor tersebut pada 8 Juli 2020. Dia bahkan menantang untuk mengaudit perizinan tersebut dan afiliasi yang dilakukannya pada ekspor tersebut.

Akibat perseteruan panjang itu, netizen mulai membuat cuitan terkait pernyataan Susi selama ini yang dipandang benar. Dari beberapa nama trending tersebut, dominan pengguna Twitter membela protes Susi selama ini.

Sejumlah warganet juga mengunggah foto mantan Menteri KKP itu sedang diatas paddle board sambil menyeruput kopi.

“Bu susi now : "enjoy the day,” tulis @Falangyogi_o.

“This time Bu Susi for Comeback!” kicau @aigoyuseyo.

“Bu Susi bilang orang yang korupsi harus ditenggelamkan. Tolong segera dieksekusi ituu buat menteri KKP yg baru setahun menjabat udh kena OTT KPK wkwkw,” cuit @nopaalaja.

Selain itu, adapula warganet yang mengunggah Susi tengah menari di atas sebuah kapal. Foto lainnya yang beredar di jagat maya adalah sosok itu menari tari piring di atas beling.

Adapun, Edhy menjadi menteri pertama rezim Joko Widodo - Ma'ruf Amin yang ditangkap oleh komisi antirasuah itu. Sebelum menjabat sebagai menteri, Edhy menjadi anggota DPR RI dari Partai Gerindra.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK kkp edhy prabowo
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top