Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Habib Rizieq Bukan Penanggung Jawab Maulid di 3 Tempat Ini

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma’rif dalam video wawancara yang diunggah di akun Youtube resmi Mata Najwa, Kamis (19/11/2020).
Tangkapan layar salah satu suasana perayaan Maulid Nabi yang diselenggarakan DPP FPI, Sabtu (14/11/2020)./Front TV
Tangkapan layar salah satu suasana perayaan Maulid Nabi yang diselenggarakan DPP FPI, Sabtu (14/11/2020)./Front TV

Bisnis.com, JAKARTA - Habib Rizieq Shihab dinilai tidak menjadi penanggung jawab peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihelat oleh Front Pembela Islam atau FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020).

Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma’rif menegaskan bahwa penanggung jawab seremoni tersebut adalah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FPI. Meski mengakui bahwa di sela-sela peringatan tersebut ada acara pernikahan dari puteri keempat Habib Rizieq Shihab, dia menyatakan bahwa secara keseluruhan FPI yang bertanggung jawab.

Slamet menilai peringatan maulid nabi itu berlangsung selama kurang lebih 3 jam, tetapi akad nikah puteri Rizieq Shihab hanya berlangsung sekitar 15 menit.

"Yang beliau [Rizieq Shihab] menjadi tuan rumah adalah ketika acara resepsi pernikahan Ahad pagi itu, kalau malam Ahad-nya, Maulid Nabi, ada panitianya yang bertanggung jawab, DPP FPI," dalam video wawancara yang diunggah di akun Youtube resmi Mata Najwa, Kamis (19/11/2020).

Slamet menilai sebenarnya pihaknya juga sudah melihat adanya kemungkinan kehadiran umat dalam jumlah yang signifikan. Namun, dia mengatakan pihaknya mencoba menjalankan amanat dari para pemangku kepentingan terkait protokol kesehatan.

"Kami sudah membaca ada kemungkinan gerakan umat untuk menghadiri Maulid Nabi, sebagai wujud cintanya kepada Rasulullah, begitu tinggi ditambah umat ingin kumpul dengan darah yang mengalir pada seorang cucu Rasulullah," jelas dia.

Slamet pun membantah adanya ajakan dari Habib Rizieq Shihab kepada umat untuk berkumpul dalam sejumlah acara yang dihadirinya pascakepulangan dari Arab Saudi itu, termasuk agenda Maulid di tempat Hamid bin Abdullah Al-Kaff pada Kamis (12/11/2020) dan perayaan Maulid yang diawali agenda salat subuh di tempat Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf pada Jumat (13/11/2020).

Dia menegaskan bahwa dalam dua agenda tersebut, Habib Rizieq Shihab hanya hadir sebagai penceramah yang diundang.

"Hari Kamis di Jakarta Timur bukan acara beliau. Beliau diundang untuk menjadi penceramah. Artinya, itu bukan wewenang Habib Rizieq. Di Tebet pun beliau diundang," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper