Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dokter Tirta: Ajak Tokoh Masyarakat Kolaborasi Protokol Kesehatan

Keramaian-keramaian lain yang terjadi selama pandemi Covid-19, misalnya di Waterbom Medan, demo menolak Omnibus Law, hingga kampanye Pilkada Serentak 2020.
Habib Rizieq Shihab melambaikan tangan setelah tiba di Bandara Soekarno Hatta,  Tangerang, Selasa (10/11/2020). Kedatangannya disambut oleh ribuan simpatisan dari berbagai daerah di Indonesia. Bisnis/Himawan L Nugraha
Habib Rizieq Shihab melambaikan tangan setelah tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (10/11/2020). Kedatangannya disambut oleh ribuan simpatisan dari berbagai daerah di Indonesia. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Relawan Covid-19 Dokter Tirta Mandira Hudhi mengimbau Satgas Penanganan Covid-19 untuk mengajak para tokoh masyarakat kolaborasi kampanyekan 3M, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. 

Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan massa yang disebabkan oleh tokoh-tokoh masyarakat di beberapa daerah.

“Saya mengkritik bukan karena hanya karena kerumunan bandara kemarin [penjemputan Habib Rizieq]. Mungkin karena faktor politik ya, beliau masanya banyak, jadi seakan-akan saya hanya menyerang HRS. Namun, saya sudah mengkritisi dari zaman ada dangdutan di Wisma Atlet,” kata Tirta seperti dikutip Bisnis, Rabu (18/11/2020). 

Selain itu, dokter Tirta juga menyoroti kerumunan massa yang terjadi saat penutupan Mc Donald’s di Sarinah, Jakarta Pusat. Kejadian itu diberitakan secara luas sehingga membuat restoran cepat saji itu akhirnya didenda oleh pemerintah.

Keramaian-keramaian lain yang terjadi selama pandemi Covid-19, misalnya di Waterbom Medan, demo menolak Omnibus Law, hingga kampanye Pilkada Serentak 2020. Tirta menuturkan beberapa kerumunan lain terjadi secara beruntun di Bekasi, Bandung, dan kota-kota besar. 

“Kalau mau bijak dan tegas, ayo bijak semua. Tegas semua. Jangan karena itu anak Presiden, Habib, nggak ditegur. Tegur dong semua! Kita singkirkan dulu politik dan pilkada. Saya kritik HRS dikata cebong, saya kritik Pak Ganjar [Ganjar Pranowo] dikata kadrun, bahkan ada netizen ngomong Tirta kamu relawan bela siapa jangan mencla-mencle. Saya bela kemanusiaan, kalau kita kritik dikaitkan dengan politik kapan selesai Covid-19?” ungkap Tirta.

Dia mengungapkan beberapa acara publik dibatalkan pemerintah seperti pelaksanaan konser musik dan Liga 1 karena dianggap berpotensi bahaya. Sementara itu, pemerintah justru mengizinkan kampanye pilkada di beberapa daerah. 

Tirta mengatakan Indonesia seharusnya mencontoh negara lain, misalnya Malaysia dan Jepang dalam penanganan Covid-19. Negara tersebut menunjukkan koordinasi antara pemerintah dengan masyarakat berjalan dengan baik.

“Nah sekarang kenapa Jakarta doang yang viral? Karena Jakarta ada aturan PSBB Transisi, tapi kemudian kejebolan demo dan penyambutan HRS. Saya tidak menyerang orang tertentu, tapi harusnya tokoh seperti HRS bisa kita rangkul sebagai agen edukasi. Dia bisa mengajak semua umatnya untuk patuh, kenapa nggak diajak kolaborasi?” ujarnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper