Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Doni Monardo: Menghindari Kerumunan Jadi Modal Utama Pencegahan Covid-19

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan salah satu hal yang dapat dilakukan adalah meningkatkan disiplin dan kesadaran kolektif untuk tidak melakukan berbagai macam acara yang dapat menimbulkan kerumunan.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 15 November 2020  |  18:15 WIB
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam diskusi virtual yang bertajuk
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam diskusi virtual yang bertajuk "Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit" di Jakarta, Sabtu (15/8/2020). - Kominfo

Bisnis.com, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 kembali mengingatkan bahwa menghindari kerumunan merupakan salah satu modal utama dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan salah satu hal yang dapat dilakukan adalah meningkatkan disiplin dan kesadaran kolektif untuk tidak melakukan berbagai macam acara yang dapat menimbulkan kerumunan.

“Kami juga mengajak kepada seluruh keluarga besar bangsa Indonesia untuk mengingatkan satu sama lain agar jangan menghadiri acara-acara yang menimbulkan kerumunan,” ungkapnya dalam dalam Konferensi Pers Penangangan Covid-19 di RS Darurat Covid-19, Wisma Atlet, Minggu (15/11/2020).

Ia mengatakan bahwa upaya menghindari kerumunan masih belum dilakukan secara optimal, meskipun upaya lain seperti menggunakan masker sudah mengalami peningkatan.

Sebagai langkah pencegahan kerumunan, ia mengimbau seluruh pihak untuk tidak menyelenggarakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, karena hal ini dapat meningkatkan potensi penularan Covid-19.

Penyelenggaraan acara yang menimbulkan kerumunan secara tidak langsung mengancam kese jiwa orang lain, termasuk keluarga-keluarga yang tidak secara langsung menghadiri acara tersebut.

“Menghindari kerumunan adalah modal yang harus kita kumandangkan setiap saat. Kita tidak tahu kapan Covid-19 ini akan berakhir, bisa lebih lama lagi. Kita harus punya stamina untuk menghadapi ini semuanya,” ujarnya.

“Butuh kerjasama, butuh kesadaran, baik kesadaran pribadi maupun kesadaran kolektif. Menghadapi Covid-19 ini tidak bisa sendirian. Kita disiplin tetapi orang kita tidak disiplin tidak ada gunanya, karena bisa jadi orang yang ada di sekitar kita pun dapan menulari kita,” tutupnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top