Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ringankan Gejala Covid-19, Masyarakat Diajak Lakukan Deteksi Dini

Pada fase-fase awal, saat dahak belum kental, dengan menggunakan obat pengencer maka dahak tidak akan menyumbat paru-paru. Dengan begitu tidak akan menyebabkan pneumonia parah.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 13 November 2020  |  21:39 WIB
Ringankan Gejala Covid-19, Masyarakat Diajak Lakukan Deteksi Dini
Ilustrasi - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masyarakat diajak untuk melakukan deteksi dini gejala penyakit Covid-19. Hal ini sangat membantu agar gejala Covid-19 tidak semakin berat nantinya.

Hal itu disampaikan dokter kepala Instalasi Gawat Darurat salah satu rumah sakit di Jakarta, Gia Pratama Putra.

“Kalau masih fase-fase awal, dahak belum kental, itu pakai obat pengencer dahak saja tidak akan menyumbat paru-paru. Jadinya tidak akan menyebabkan pneumonia parah,” katanya melalui diskusi virtual, Jumat (13/11/2020).

Gia mengatakan sekarang tes swab sudah semakin cepat. Dalam sehari atau dua hari sudah bisa diterima hasilnya. Harganya juga semakin terjangkau.

Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya tidak takut untuk memeriksakan diri demi mendapatkan perawatan dan pengobatan yang optimal. Obat-obatan yang tersedia di fasilitas kesehatan sudah sangat lengkap dan membantu.

Upaya penanganan Covid-19 juga diikuti dengan rencana pemerintah untuk mengadakan vaksin Covid-19. Obat itu bisa memberikan optimisme bagi masyarakat.

“Vaksin Covid-19 adalah salah satu puzzle penting untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Secara spesifik, vaksin khusus untuk melindungi diri kita dari virus Covid-19. Dengan vaksin kita akan lebih siap lagi menghadapi virus yang masuk,” jelas Gia.

Sementara itu untuk menurunkan risiko infeksi, Gia menuturkan bahwa yang harus dilakukan adalah menurunkan jumlah virus.

Caranya melakukan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta meningkatkan imunitas tubuh.

Cara meningkatkan imunitas ini tambahnya ada tiga. Pertama, memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup dan baik. Artinya sayur dan buah harus dikonsumsi setiap hari.

Kedua, istirahat yang cukup. Berdasarkan penelitian terbaru, manusia idealnya tidur 6-7 jam, tidur sebelum jam 11 malam, dan bangun sebelum jam 5 pagi.

“Terakhir, olahraga rutin. Ini banyak yang tidak dilakukan di saat kita bekerja dari rumah. Padahal ada banyak olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pneumonia Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top