Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biden Bentuk Tim Transisi, Menlu Pompeo Ngotot Trump Tetap Berkuasa

Tim transisi yang telah dibentuk Biden menyatakan Biden akan bekerja sama dengan para pemimpin Eropa dalam memerangi pandemi Covid-19.
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berkunjung ke Sri Lanka, Rabu (28/10/2020). JIBI/Bisnis-Nancy Junita @SecPompeo
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berkunjung ke Sri Lanka, Rabu (28/10/2020). JIBI/Bisnis-Nancy Junita @SecPompeo

Bisnis.com, JAKARTA - Meski para pemimpin sekutu dekat Amerika Serikat (AS) telah menelepon Presiden terpilih Joe Biden dan berjanji untuk bekerja sama, akan tetapi Menlu Mike Pompeo bersikeras bahwa Donald Trump akan tetap berkuasa.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel semuanya memberikan ucapan selamat melalui telepon ke Biden yang seminggu sebelumnya mengalahkan Trump dalam pemilihan presiden.

"Saya memberi tahu mereka bahwa Amerika Serikat telah kembali. Kami akan kembali. Bukan hanya Amerika Serikat," kata Biden kepada wartawan di negara bagian asalnya di Delaware seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (11/11/2020).

Sedangkan, tim transisi yang telah dibentuk Biden menyatakan Biden akan bekerja sama dengan para pemimpin Eropa dalam memerangi pandemi Covid-19 serta perubahan iklim. Agenda terakhir merupakan salah satu dari banyak bidang yang mana Trump sangat berbeda dengan sekutunya.

Saat berbicara dengan Merkel, yang tidak setuju dengan Trump yang mengkritisi  sikap Jerman terhadap para migran dan pengeluaran pertahanan Jerman yang kecil, Biden "memuji kepemimpinannya".

Biden bahkan menyerukan untuk "merevitalisasi hubungan trans-Atlantik, termasuk melalui NATO dan Uni Eropa.”

Sedangkan Johnson, yang memiliki hubungan hangat dengan Trump, berbicara selama 20 menit dengan Biden, kemudian menulis di Twitter bahwa dia berharap untuk bekerja dengannya dalam masalah perubahan iklim.

Inggris juga mendukung demokrasi dan berharap AS  sukses menghadapi wabah Covid-19.

Semua pemimpin negara demokrasi industri Kelompok Tujuh telah memberi ucapan selamat kepada Biden termasuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Hingga kini, Trump masih menolak untuk menyerah dan berjanji akan mengajukan gugatan dengan mengatakan tanpa bukti bahwa ada kecurangan besar-besaran dalam pemilu.

Sementara itu,  Pompeo menjelaskan bahwa sikap Trump adalah kebijakan resmi pemerintah, namun mengelak menjawab pertanyaan apakah dia akan bekerja sama dengan tim transisi Biden.

"Akan ada transisi yang mulus ke pemerintahan Trump kedua," kata Pompeo dalam konferensi pers.

Dia mengatakan. bahwa "dunia harus memiliki kepercayaan penuh" pada fungsi pemerintah AS menjelang dan setelah pelantikan 20 Januari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper