Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Biden Jadi Presiden AS, Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan Indonesia

Dampak terpilihnya Biden sebagai Presiden AS bagi masyarakat Indonesia menarik untuk diulas, karena AS sebagai super power akan tetap menjadi penentu arah politik global.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 10 November 2020  |  16:36 WIB
Presiden terpilih AS Joe Biden manyapa pendukungnya di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7 /11/2020). Bloomberg - Sarah Silbiger\r\n
Presiden terpilih AS Joe Biden manyapa pendukungnya di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7 /11/2020). Bloomberg - Sarah Silbiger\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat ( AS) merupakan kabar baik bagi Indonesia, terutama dari sisi ekonomi karena gaya politik partai Demokrat yang moderat akan mengurangi ketegangan antara China dengan AS.

Demikian pendapat mantan Anggota Komisi V DPR, Anthon Sihombingse tekait dampak dari perang dagang antara AS dengan China.

"Kondisi inilah yang harus diperhatikan Indonesia, karena perang dagang telah mengurangi perdagangan luar negeri Indonesia, sehingga kalau reda maka peluang perdagangan Indonesia akan semakin positif," kata Anthon, Selasa (10/11/2020).

Presiden dari partai Demokrat, ujarnya, tidak semata memperhatikan pertumbuhan ekonomi semata, melainkan untuk stablisasi harga barang dan jasa guna menjamin kesejahteraan rakyatnya. Menurutnya, hal yang diutamakan bukan kapitalisasi, tetapi kesetaraan dan keadilan sosial, melalui tunjangan sosial.

Anthon Sihombing berharap Indonesia dapat konsisten dengan politik luar negerinya yang bebas dan aktif, serta bersahabat dengan semua negara. Apabila, nilai tambah terhadap barang dan jasa yang akan diperdagangkan terus ditingkatkan, maka peluang keuntungan bagi Indonesia akan semakin besar.

Selain itu, dia menyatakan hal yang perlu dibenahi dalam menyambut presiden baru AS ini adalah menciptakan iklim demokrasi yang sehat di dalam negeri. Selain itu, iklim berusaha yang kompetitif yang disertai dengan meningkatnya nilai barang/jasa juga perlu diperhatikan.

Karena itulah, Anthon menilai dampak terpilihnya Biden sebagai Presiden AS bagi masyarakat Indonesia, menarik untuk diulas, karena bagaimana pun negara AS sebagai super power akan tetap menjadi penentu arah politik global.

Selain itu, kemenangan Partai Demokrat atas Partai Republik, kata Anthon, sebetulnya suatu perputaran kekuasaan yang normal terjadi di AS. Pasalnya, kedua parpol yang mendominasi politik AS itu selalu bergantian dalam memimpin negaranya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Pilpres AS 2020 Joe Biden
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top