Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warren Buffet Tambah Buyback Saham US$9 Miliar pada Kuartal III/2020

Buffett meninggalkan prinsip penggunaan modal yang telah dipegangnya sejak beberapa tahun lalu tersebut.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 08 November 2020  |  02:18 WIB
Warren Buffet
Warren Buffet

Bisnis.com, JAKARTA – Warren Buffett terkenal selalu menghindari pembelian kembali saham, namun kini ia telah beralih menjadi salah satu pelaku buyback terbesar di dunia.

Dilansir dari Bloomberg, Buffet melakukan buyback saham perusahaannya sendiri, Berkshire Hathaway Inc. senilai US$9 miliar pada kuartal III/2020. Jumlah ini lebih besar daripada yang buyback dalam setahun penuh sebelumnya.

Buffett meninggalkan prinsip penggunaan modal yang telah dipegangnya sejak beberapa tahun lalu tersebut.

Meskipun banyak perusahaan telah menghentikan atau memangkas rencana buyback saham untuk menjaga modal selama pandemi, Buffett melihat saham perusahaannya sendiri sebagai investasi yang baik pada saat dia menyatakan keprihatinannya tentang beberapa industri lain.

Buyback besar-besaran pada kuartal III tersebut membuat total buyback tahun ini menjadi US$16 miliar. Total ini akan menjadi yang terbesar di antara perusahaan AS mana pun kecuali Apple Inc., yang juga merupakan investasi terbesar Buffett.

"Buyback saham ini menunjukkan bahwa dia (Buffet) tengah mengupayakan sesuatu. Saya senang melihat komitmen seperti itu,” kata Thomas Russo dari Gardner Russo & Gardner LLC, seperti dikutip Bloomberg.

Buyback ini dapat menunjukkan meningkatnya optimisme terhadap prospek konglomerasi, hanya beberapa bulan setelah Buffett mengatakan kepada pemegang saham Berkshire pada pertemuan tahunan di bulan Mei bahwa buyback tidak lebih menarik daripada ketika saham jauh lebih tinggi sebelum pandemi.

Saham Berkshire naik 20 persen pada kuartal ketiga, melampaui kinerja indeks S&P 500 yang menguat 8,5 persen selama periode yang sama.

Perusahaan mempercepat aksi pembelian kembali bahkan ketika saham naik sepanjang kuartal. Namun, saham Berkshire secara keseluruhan lebih murah daripada akhir tahun lalu, dengan saham Kelas A turun 7,6 persen hingga penutupan hari Jumat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

warren buffett berkshire hathaway inc. buyback saham
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top