Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksin Jadi Opsi Prioritas Penanganan Covid-19, Pahami Istilah Ini

Sambil menanti keberhasilan pengembangan vaksin Covid-19, masyarakat perlu memahami sejumlah istilah seputar opsi penanganan pandemi itu.
Sebuah botol kecil berlabel Vaksin diletakkan di dekat jarum suntik medis di depan tulisan Coronavirus Covid-19 pada (10/4/2020)./Antararn
Sebuah botol kecil berlabel Vaksin diletakkan di dekat jarum suntik medis di depan tulisan Coronavirus Covid-19 pada (10/4/2020)./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksinasi menjadi pilihan prioritas pemerintah Indonesia dalam mengatasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, di samping tetap mengedepankan penerapan protokol 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Pemerintah pun memastikan bahwa vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat Indonesia terbukti lolos uji klinis dan aman, serta meminta masyarakat tidak mengkhawatirkan hal itu.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan supaya penduduk di Indonesia tidak perlu khawatir dan resah. Dia menuturkan bahwa pemerintah pasti akan menyediakan vaksin virus corona (Covid-19) yang lolos uji klinis.

"Saya ingin mengimbau agar masyarakat tidak resah dan khawatir, karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO (organisasi kesehatan dunia)," jelasnya, seperti dikutip dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19, Sabtu (7/11/2020).

Sambil menanti keberhasilan pengembangan vaksin tersebut, pemerintah terus mengedukasi masyarakat, khususnya terkait sejumlah istilah seputar opsi penanganan Covid-19 tersebut.

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), @bappenasri, Sabtu (7/11/2020), terdapat sejumlah istilah yang patut dipahami masyarakat soal vaksin.

Pertama, vaksin merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Kedua, vaksinasi adalah prosedur memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk menstimulasi sistem imun dan memproduksi imunitas terhadap suatu penyakit.

"Imunitas. Kemampuan kekebalan tubuh memerangi suatu penyakit," demikian istilah ketiga yang patut diketahui masyarakat, seperti tertulis dalam unggahan @bappenasri.

Sementara itu, istilah keempat adalah imunisasi yakni proses yang membuat tubuh manusia terlindung dari suatu penyakit melalui vaksinasi.

Adapun, Bappenas mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan 3M di tengah pandemi Covid-19. "Pastikan kamu tetap konsisten terapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman."

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper