Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Walmart Akhiri Kerja Sama dengan Bossa Nova Robotics

Penggunaan robot semacam itu didesain untuk membantu peritel offline bersaing dengan peritel online misalnya Alibaba dan Amazon.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 04 November 2020  |  15:16 WIB
Walmart - Reuters
Walmart - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Walmart Inc. mengakhiri kerja samanya dengan Bossa Nova Robotics, produsen robot yang selama ini digunakan untuk mengecek suplai peritel tersebut.

Robot tersebut memindai tiap rak di jaringan supermarket terbesar di dunia ini untuk memastikan semua produk tersedia dan harga yang ditunjukkan sesuai dengan produknya.

Penggunaan robot semacam itu didesain untuk membantu peritel offline bersaing dengan peritel online misalnya Alibaba dan Amazon. Walmart telah menggunakan jasa robot itu di toko-tokonya sejak 2017.

Kendati telah mengakhiri kerja samanya dengan Bossa Nova Robotics, Walmart berkomitmen terus menggunakan robot-robot lainnya, termasuk robot untuk membersihkan lantai di toko-tokonya.

Hilangnya stok merupakan persoalan sulit bagi peritel karena penjualan bisa terpengaruh apabila mereka gagal menemukan produk dalam rak yang tersedia.

Manajemen persediaan merupakan hal yang sangat penting karena Walmart mulai terkenal dengan layanan penjemputan dan pengiriman saat pandemi Covid-19.

Walmart mencatatkan profit mengesankan senilai US$137,7 miliar ada kuartal lalu yang dipicu oleh peningkatan e-commerce selama masa pembatasan akibat Covid-19.

Dengan semakin meningkatnya persaingan antar peritel, perusahaan berlomba-lomba untuk mengaplikasikan strategi berbeda menuju otomasi.

Amazon misalnya, telah membeli perusahaan robot pada 2021 untuk meningkatkan efisiensi di gudang penyimpanan. Hingga saat ini, perusahaan ini telah menggunakan lebih dari 200.000 robot.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

robot walmart

Sumber : BBC.com

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top