Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Walmart Akhiri Kerja Sama dengan Bossa Nova Robotics

Penggunaan robot semacam itu didesain untuk membantu peritel offline bersaing dengan peritel online misalnya Alibaba dan Amazon.
Walmart/Reuters
Walmart/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Walmart Inc. mengakhiri kerja samanya dengan Bossa Nova Robotics, produsen robot yang selama ini digunakan untuk mengecek suplai peritel tersebut.

Robot tersebut memindai tiap rak di jaringan supermarket terbesar di dunia ini untuk memastikan semua produk tersedia dan harga yang ditunjukkan sesuai dengan produknya.

Penggunaan robot semacam itu didesain untuk membantu peritel offline bersaing dengan peritel online misalnya Alibaba dan Amazon. Walmart telah menggunakan jasa robot itu di toko-tokonya sejak 2017.

Kendati telah mengakhiri kerja samanya dengan Bossa Nova Robotics, Walmart berkomitmen terus menggunakan robot-robot lainnya, termasuk robot untuk membersihkan lantai di toko-tokonya.

Hilangnya stok merupakan persoalan sulit bagi peritel karena penjualan bisa terpengaruh apabila mereka gagal menemukan produk dalam rak yang tersedia.

Manajemen persediaan merupakan hal yang sangat penting karena Walmart mulai terkenal dengan layanan penjemputan dan pengiriman saat pandemi Covid-19.

Walmart mencatatkan profit mengesankan senilai US$137,7 miliar ada kuartal lalu yang dipicu oleh peningkatan e-commerce selama masa pembatasan akibat Covid-19.

Dengan semakin meningkatnya persaingan antar peritel, perusahaan berlomba-lomba untuk mengaplikasikan strategi berbeda menuju otomasi.

Amazon misalnya, telah membeli perusahaan robot pada 2021 untuk meningkatkan efisiensi di gudang penyimpanan. Hingga saat ini, perusahaan ini telah menggunakan lebih dari 200.000 robot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper