Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032, Bagaimana Respons Kemenkeu?

Dalam bursa pencalonan Tuan Rumah Olimpiade 2032, Indonesia akan bersaing dengan Australia, Jerman, unifikasi Korea, Qatar, China, dan India.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 November 2020  |  12:12 WIB
Ilustrasi - Seorang anak berpose untuk foto dengan cincin Olimpiade di depan Museum Olimpiade Jepang di Tokyo, Jepang, Senin (17/2/2020)./Antara - Reuters
Ilustrasi - Seorang anak berpose untuk foto dengan cincin Olimpiade di depan Museum Olimpiade Jepang di Tokyo, Jepang, Senin (17/2/2020)./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan siap mendukung pembiayaan kampanye Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

“Tetapi yang pasti tadi dari respons Menteri Keuangan, pemerintah menyiapkan dan akan mendukung pembiayaan tentang kampanye dan proses bidding untuk kita bisa menang menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 dan ditempatkan di tempat kami di Kemenpora,” ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (4/11/2020).

Lebih lanjut, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menambahkan bahwa dalam rapat terbatas sudah diajukan anggaran kampanye tersebut secara multiyears selama tiga tahun, yang sifatnya konsultasi.

“Dan tentunya kami akan berkomunikasi terus dengan para stakeholder terutama Kemenpora dan Kemenkeu dalam merencanakan, melaksanakan, dan mempertanggungjawabkan anggaran yang akan digunakan dalam tiga tahun ke depan,” katanya.

Lebih lanjut, Menpora Zainudin juga memastikan bahwa dalam waktu dekat fokus pemerintah adalah memenangkan bidding pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 melalui tim khusus yang berbeda dengan panitia penyelenggaraan perhelatan.

“Jadi supaya ada pemahaman yang sama, yang segera disiapkan adalah tentang bagaimana kita menang dalam bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa pencalonan Indoensia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 bukanlah ajang ‘gagah-gagahan’, melainkan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa.

“Karena itu, pencalonan ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk menata diri untuk memperbaiki berbagai hal yang selama ini masih kurang mulai dari penyiapan infrastruktur keolahragaan kemudian yang berkaitan dengan prestasi atlet, peningkatan visibilitas global sebagai kota penyelenggara dan lain sebagainya,” ujarnya saat membuka Rapat Terbatas Rencana Pencalonan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Tahun 2032, Rabu (11/10/2020).

Adapun, dalam bursa pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032 tersebut, Indonesia akan bersaing dengan Australia, Jerman, unifikasi Korea, Qatar, China, dan India.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkeu kemenpora olimpiade
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top