Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Permintaan Loyo, Robinsons Tutup 4 Toko di Singapura dan Malaysia

Setelah lebih dari 160 tahun berbisnis di Singapura, Robinsons akhirnya menutup dua department store terakhirnya di The Heeren dan Raffles City Shopping Centre.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  13:50 WIB
Seorang pria yang mengenakan masker berdiri di seberang pusat perbelanjaan Robinsons & Co. di Orchard Road di Singapura, pada hari Sabtu (25/6/2020) - Wei Leng Tay/Bloomberg.
Seorang pria yang mengenakan masker berdiri di seberang pusat perbelanjaan Robinsons & Co. di Orchard Road di Singapura, pada hari Sabtu (25/6/2020) - Wei Leng Tay/Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Retail modern, Robinsons, akan menutup dua toko terakhir di Singapura karena permintaan yang lemah

Setelah lebih dari 160 tahun berbisnis di Singapura, Robinsons akhirnya menutup dua department store terakhirnya di The Heeren dan Raffles City Shopping Centre.

Robinsons, yang dimiliki oleh Al-Futtaim Group, mengatakan dalam siaran persnya pada Jumat (30/10/2020) bahwa keputusan itu datang karena perubahan pola pembelian retail yang bergeser ke online dan lemahnya permintaan yang diperparah oleh pandemi Covid-19.

Dikutip dari Channel News Asia, Robinsons telah memulai proses likuidasi untuk dua toko dan karyawan telah diberitahu tentang situasinya.

Likuidator sementara akan mengambil kendali atas aset perusahaan dan menilai opsi untuk merealisasikan nilai guna memaksimalkan pengembalian kepada kreditor.

"Sesuai dengan konfirmasi, likuidator berharap toko-toko akan tetap buka selama beberapa minggu mendatang untuk memfasilitasi penjualan akhir bagi pelanggan sebelum mereka tutup," ujar perusahaan.

Karyawan diberitahu tentang likuidasi pada hari ini, Jumat (30/10/2020) dan telah diyakinkan bahwa likuidator sementara juga akan bekerja untuk memaksimalkan pengembalian kepada mereka.

Manajemen Robinsons juga telah memastikan bahwa karyawan didukung dengan pembayaran sesuai dengan Insolvency, Restructuring and Dissolution Act.

"Selanjutnya, pembayaran ini akan diberikan kepada mereka sejalan dengan siklus pembayaran berikutnya; jauh sebelum waktu proses likuidasi biasa yang biasanya memakan waktu berbulan-bulan."

Cameron Duncan dan David Kim dari KordaMentha telah ditunjuk sebagai likuidator sementara. Ternyata tidak hanya menutup toko di Singapura, Robinsons juga menutup tokonya di Malaysia.

Dikutip dari Malaysia Kini, Robinson Co. (Malaya) Sdn Bhd dua toko di Malaysia. Robinsons mencatat pertumbuhan negatif 8,5 persen di kuartal pertama 2020.

Adapun, likuidator yang ditunjuk untuk mengurus penutupan toko di Malaysia sama dengan di Singapura, yaitu Cameron Duncan dan David Kim dari KordaMentha. Dua toko Robinsons yang ditutup di Malaysia terletak di The Gardens Mall dan The Shoppes, Four Seasons Place.

Dengan demikian, Robinsons akan menutup empat toko di dua Negeri Jiran tersebut. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ritel singapura malaysia
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top