Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tiga Tersangka Kasus Indosat Belum Diadili Sejak 2013, Kejagung Digugat

Tim penyidik sudah melakukan pelimpahan tahap dua berupa barang bukti dan tiga tersangka ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) beberapa tahun lalu, tetapi para tersangka belum dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  14:32 WIB
Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Ali Mukartono - Antara/Puspa Perwitasari
Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Ali Mukartono - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Kejaksaan Agung siap melawan gugatan praperadilan yang dilayangkan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Gugatan tersebut dilayangkan lantaran Kejagung tidak kunjung mengadili dua tersangka korporasi yaitu PT Indosat Tbk, Indosat Mega Media (IM2) serta mantan Dirut PT Indosat Tbk Johnny Swandi Sjam ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta sejak 2013.

Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Ali Mukartono membenarkan bahwa ketiga tersangka tersebut masih belum diadili di Pengadilan Tipikor Jakarta. 

Kendati demikian, kata Ali, tim penyidik sudah melakukan pelimpahan tahap dua berupa barang bukti dan tiga tersangka ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) beberapa tahun lalu, tetapi para tersangka belum dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor.

"Sepengetahuan saya begitu [belum diadili]. Tapi sudah tingkat penuntutan, tapi belum dibawa ke Pengadilan saja," tuturnya, Selasa (27/10/2020).

Menurut Ali pihaknya akan mengecek penyebab mandeknya perkara dugaan tindak pidana korupsi penggunaan jaringan frekuensi radio 2.1 GHz atau 3G yang menyebabkan negara rugi hingga Rp1,3 triliun tersebut.

"Nanti akan saya cek apa penyebabnya sampai belum juga dibawa ke pengadilan," kata Ali.

Sebelumnya, Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan akan menggugat praperadilan Kejagung terkait mangkraknya kasus korupsi tersebut dan tiga orang tersangka tidak kunjung diadili di Pengadilan Tipikor Jakarta.

"Saya sudah siapkan gugatannya dan akan saya ajukan pekan ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," ujar Boyamin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat praperadilan Kejaksaan Agung
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top