Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Lantik 12 Dubes RI, Ada Politikus Hingga Eks Jubir Kemlu

12 Dubes LBBP RI yang dilantik Jokowi pada Senin (26/10/2020) berasal dari berbagai latar belakang ada yang diplomat karir, politikus, hingga pebisnis.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  11:22 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan arahan dalam Aksi Nasional Pencegahan Korupsi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/8 - 2020). Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo memberikan arahan dalam Aksi Nasional Pencegahan Korupsi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/8 - 2020). Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 12 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk negara-negara sahabat pada Senin (26/10/2020) di Istana Negara, Jakarta, 

Dua Dubes baru tersebut diketahui memiliki latar belakang politisi dan sempat memegang amanah sebagai wakil rakyat di DPR RI.

Pertama, Dubes LBBP RI untuk Bosnia dan Herzegovina Roem Kono. Sebelum menerima jabatan tersebut, dia diketahui menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR RI periode 2014-2019 dari fraksi Golkar.

Saat itu, Roem dipercaya membidangi Ketua dari AKD BURT (Badan Urusan Rumah Tangga) DPR RI.

Kedua, Dubes LBBP RI untuk Jepang merangkap Federasi Micronesia, Heri Akhmadi.

Heri diketahui pernah menghuni beberapa komisi DPR RI. Terakhir, dia menjabat sebagai Wakil Komisi X dari Fraksi PDIP yang membidangi pendidikan, olah raga, pariwisata, dan kebudayaan pada periode 2009-2014.

Kemudian, beberapa dubes lainnya, seperti Rachmat Budiman, Lutfi Rauf, Dewi Savitri Wahab, dan Desra Percaya diketahui memiliki pengalaman di bidang yang sama yakni sebagai diplomat atau yang berkaitan dengan hubungan luar negeri.

Sedangkan Iwan Bogananta yang dilantuk menjadi Dubes LBBP RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Mekedonia Utara, adalah seorang pebisnis dan politikus.

Diketahui, Iwan pernah menjabat sebagai Direktur PT Indowana Baramaining Coal dan bendahara umum di Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Selain itu, Desra Percaya yang sebelumnya sempat menjabat sebagai Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, pada hari ini dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Dubes LBBP RI untuk Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), berkedudukan di London.

Berikut ini daftar 12 Dubes LBBP RI yang dilantik presiden Jokowi pada hari ini:

1. Dindin Wahyudin, Dubes LBBP RI untuk Republik Senegal merangkap Republik Mali, Republik Gambia, Republik Guinea Bissau, Republik Sierra Leone, dan Republik Pantai Gading, berkedudukan di Dakar.

2. Roem Kono, Dubes LBBP RI untuk Bosnia dan Herzegovina, berkedudukan di Sarajevo.

3. Dewi Savitri, Wahab Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Denmark merangkap Republik Lithuania, berkedudukan di Kopenhagen.

4. Nana Yuliana, Dubes LBBP RI untuk Republik Kuba merangkap Persemakmuran Bahama, Jamaika, Republik Dominika dan Haiti berkedudukan di Havana.

5. Heri Akhmadi, Dubes LBBP RI untuk Jepang merangkap Federasi Micronesia, berkedudukan di Tokyo.

6. Elmar Iwan Lubis, Dubes LBBP RI untuk Republik Irak, berkedudukan di Baghdad.

7. Iwan Bogananta, Dubes LBBP RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Mekedonia Utara, berkedudukan di Sofia.

8. Jose Antonio Morato Tavares, Dubes LBBP RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, berkedudukan di Moskow.

9. Desra Percaya, Dubes LBBP RI untuk Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), berkedudukan di London.

10. Chalief Akbar Tjandraningrat, Dubes LBBP RI untuk Republik Rakyat Aljazair, berkedudukan di Alger.

11. Lutfi Rauf, Dubes LBBP RI untuk Republik Arab Mesir, berkedudukan di Kairo.

12. Rachmat Budiman, Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP berkedudukan di Bangkok.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi dubes duta besar
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top