Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perangi Narkoba Dua Negara, Dubes RI untuk Kolombia Raih Penghargaan

Pemberantasan narkoba saat ini dihadapkan pada munculnya zat psikoaktif baru yang jumlahnya ratusan dan belum masuk dalam daftar, serta belum ada aturan penggunaannya.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  19:04 WIB
Duta Besar RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto menerima penghargaan anti narkoba Mayor Wilson Quintero Martinez dari Kepolisian Nasional Kolombia atas jasa dan kontribusi dalam kerja sama antinarkotika kedua negara./Antara-HO - KBRI Bogota
Duta Besar RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto menerima penghargaan anti narkoba Mayor Wilson Quintero Martinez dari Kepolisian Nasional Kolombia atas jasa dan kontribusi dalam kerja sama antinarkotika kedua negara./Antara-HO - KBRI Bogota

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Kolombia Priyo Iswanto mendapatkan penghargaan Mayor Wilson Quintero Martinez dari Kepolisian Nasional Kolombia. Penghargaan itu terkait dengan upaya meningkatkan kerja sama kedua negara memerangi narkotika.

Priyo mengatakan penghargaan itu merupakan apresiasi kepada Indonesia yang berkomitmen kuat bersama Kolombia memerangi penyalahgunaan narkotika. Indonesia, kata Priyo, telah menjadi salah satu pasar narkoba sehingga kerja sama pemberantasannya perlu terus ditingkatkan.

“Sekarang kita dihadapkan pada persoalan munculnya zat psikoaktif baru yang jumlahnya ratusan dan belum masuk dalam daftar, serta belum ada aturan penggunaannya. Oleh karena itu kerja sama antara Direksi Antinarkotika Kolombia dan Badan Narkotika Nasional perlu terus ditingkatkan,” ujar Priyo dalam keterangan resminya, Kamis (22/10/2020).

Penghargaan Mayor Wilson Quintero Martinez diserahkan oleh Kepala Direksi Antinarkotika  Mayor Jenderal Jorge Luis Ramirez.

Jenderal bintang tiga itu menyebut Duta Besar Priyo Iswanto telah berhasil dan berperan nyata dalam meningkatkan kerja sama kedua negara memerangi narkoba.

Priyo Iswanto merupakan Duta Besar asing pertama yang menerima penghargaan tersebut. Pada kesempatan yang sama, Kepolisian Nasional Kolombia juga menyerahkan penghargaan yang sama kepada Duta Besar Kolombia untuk Indonesia, Juan Camilo Valencia.

Dalam situasi normal, penyerahan penghargaan dilakukan di Markas Besar Kepolisian berlangsung sangat meriah. Mengingat wabah Covid-19, penghargaan dilakukan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Kerja sama antara Direksi Antinarkotika Kolombia dan BNN terjalin sejak 2016. Kerja sama bertujuan memerangi produksi, pengolahan, dan peredaran narkoba.

Kedua institusi tersebut terus meningkatkan kerja sama baik melalui forum multilateral maupun bilateral.

Penguatan kerja sama bilateral ditandai dengan kunjungan Kepala Direksi Antinarkotika Mayjen Jorge Ramirez ke Indonesia pada 9 - 14 Oktober 2019 dilanjutkan dengan partisipasi dua orang Polisi Kolombia mengikuti International Training on Narcotics Enforcement pada November 2019 di Jakarta.

Penghargaan Mayor Wilson Quintero Martinez berasal dari nama Komandan Patroli Antinarkotika yang diculik gerilyawan FARC, yang menguasai ladang kokain.

Saat itu Mayor Wilson Quintero Martinez sedang melakukan operasi rahasia pemberantasan narkotika di Vichada.

Martinez berhasil meloloskan diri tiga kali tetapi akhirnya tertangkap dan dibunuh pada 1999.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

narkotika kolombia dubes ri
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top