Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Prabowo Kembali Bertemu dengan Menhan Prancis, Bahas Alutsista?

Pada awal 2020, Menteri Pertahanan Prabowo sudah bertemu dengan Menhan Prancis Florence Parly untuk mempererat kerja sama bilateral dan alutsista.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  17:49 WIB
Dokumentasi - Menteri Pertahanan RI Subianto (kiri) disambut dengan Upacara Penghormatan Militer di halaman kantor Kementerian Pertahanan Prancis, Paris, Senin (13/1/2019), sebelum bertemu dengan Menhan Prancis Florence Parly (kanan) -  Antara/KBRI Paris
Dokumentasi - Menteri Pertahanan RI Subianto (kiri) disambut dengan Upacara Penghormatan Militer di halaman kantor Kementerian Pertahanan Prancis, Paris, Senin (13/1/2019), sebelum bertemu dengan Menhan Prancis Florence Parly (kanan) - Antara/KBRI Paris

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dijadwalkan akan bertemu Menteri Pertahanan Prancis Florency Parly di Hotel de Brienne, Paris, Prancis, Rabu (21/10/2020) pukul 20.30 waktu setempat.

Agenda pertemuan itu tampak dalam unggahan akun Twitter resmi Parly yakni @florence_parly seperti dikutip Bisnis, Rabu (21/10/2020).

Sayangnya, tidak disebutkan tujuan pertemuan antarmenteri pertahanan dua negara ini. Namun, beberapa pihak menyebut bahwa kunjungan kerja Menhan Prabowo ke beberapa negara adalah dalam rangka peningkatan alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia.

Adapun, Prabowo baru saja mengunjungi Amerika Serikat dan diketahui menghasilkan beberapa kerja sama penting di sektor pertahanan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Politisi Gerindra, Fadli Zon meyakini bahwa kunker menhan ke luar negeri akan memberi dampk besar bagi sektor pertahanan Indonesia termasuk alutsista.

“Kunjungan-kunjungan itu erat kaitannya dengan diplomasi pertahanan dan rencana penguatan alutsista kita,” cuitnya melalui akun Twitter pribadinya @fadlizon, Senin (19/10/2020).

Ini merupakan kali kedua Menhan Prabowo berkunjung ke Paris dan bertemu dengan Menhan Prancis Parly. Pada awal 2020, keduanya bertemu untuk mempererat kerja sama bilateral dan alutsista.

Prabowo menerima upacara penghormatan militer di halaman kantor Kementerian Pertahanan Prancis sebelum bertemu dengan Menhan Prancis Florence Parly pada Senin (13/1/2020).

"Saya mencatat bahwa sebagai dua mitra strategis, Indonesia-Prancis selama ini memiliki kerja sama pertahanan yang baik. Indonesia ingin terus meningkatkan kerja sama pertahanan, khususnya di bidang yang dapat memperkuat alutsista TNI dan memajukan industri pertahanan Indonesia," kata Prabowo dalam pertemuan tersebut, seperti disampaikan keterangan tertulis KBRI Paris.

Berdasarkan catatan Bisnis, dalam pertemuan yang berlangsung terbuka dan interaktif, kedua menhan sepakat penguatan kerja sama pertahanan akan dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama Bidang Pertahanan atau Defense Cooperation Agreement (DCA). Untuk itu, kedua menhan mendorong agar DCA dapat segera diselesaikan pada tahun ini sebagai framework kerja sama pertahanan ke depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prancis prabowo subianto
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top