Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fadli Zon Yakin Kunjungan Prabowo ke AS Berdampak Baik Bagi Pertahanan RI

Fadli meyakini bahwa relasi baik antara Menhan Prabowo dan AS akan membawa manfaat bagi sektor pertahanan Indonesia.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 19 Oktober 2020  |  18:14 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto - Bisnis/Arief Hermawan P
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto - Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon menilai kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Amerika Serikat membawa dampak baik bagi sektor pertahanan Indonesia.

“Kunjungan Menteri Pertahanan RI @prabowo ke Washington DC, Amerika Serikat, memiliki sejumlah arti penting, baik bagi diplomasi pertahanan Indonesia, maupun bagi Pak Prabowo sendiri. Dari sisi diplomasi pertahanan, ada sejumlah arti strategis dan taktis dari kunjungan tsb,” cuitnya melalui akun Twitter pribadinya @fadlizon, Senin (19/10/2020).

Menurut Fadli, pertemuan Prabowo dengan Menhan AS Mark T. Esper akan meningkatkan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan AS ke level yang lebih tinggi.

Sejak 2005, sambung Fadli, sejumlah komitmen kerja sama pertahanan telah berhasil dicapai di antara dua negara, mulai dari penyelenggaraan forum Indonesia-US Security Dialogue, International Military Education and Training (IMET), Foreign Military Financing (FMF), hingga Foreign Military Sales (FMS).

Hal tersebut membuktikan bahwa hubungan kemitraan strategis antara Indonesia dan AS sudah terbentuk dan akan terus dikembangkan.

“Namun, kemitraan strategis bukanlah sesuatu yang taken for granted. Relasi perlu dirawat melalui jalinan komunikasi politik intensif,” imbuh Fadli.

Fadli meyakini bahwa relasi baik antara Menhan Prabowo dan AS akan membawa manfaat bagi sektor pertahanan Indonesia.

Bisnis mencatat, Menhan AS Mark T. Esper dan Menhan Prabowo telah menandatangani Memorandum of Intent untuk memajukan upaya lembaga Defense Prisoner of War/Missing in Action Accounting Agency.

Seperti dikutip dari pernyataan resmi yang diterbitkan Kemenhan AS, Jumat (16/10/2020), kerja sama ini menjadi penanda dimulainya kembali kegiatan kedua menemukan sisa-sisa jasad prajurit AS yang hilang di Indonesia selama Perang Dunia II.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat prabowo subianto
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top