Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menhan Prabowo Sering ke Luar Negeri, Presiden Jokowi : Diplomasi Pertahanan Kita

Penguatan diplomasi pertahanan menjadi fokus Indonesia untuk meredam ketegangan antar negara sekaligus bersiap membelan kedaulatan wilayah nasional.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 23 Januari 2020  |  12:33 WIB
Menteri Pertahanan RI Subianto (kiri) disambut dengan Upacara Penghormatan Militer di halaman kantor Kementerian Pertahanan Prancis, Paris, Senin (13/1/2019), sebelum bertemu dengan Menhan Prancis Florence Parly (kanan). - Antara/KBRI Paris
Menteri Pertahanan RI Subianto (kiri) disambut dengan Upacara Penghormatan Militer di halaman kantor Kementerian Pertahanan Prancis, Paris, Senin (13/1/2019), sebelum bertemu dengan Menhan Prancis Florence Parly (kanan). - Antara/KBRI Paris

Kabar24.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo membela Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diketahui sering berada di luar negeri, sejak dilantik pada Oktober tahun lalu.

Presiden Jokowi menyebut kepergian Prabowo ke luar negeri untuk memperkuat diplomasi pertahanan karena hal itu sangat diperlukan di tengah semakin banyaknya konflik di berbagai belahan dunia.

Penguatan diplomasi pertahanan diakuinya menjadi fokus Indonesia untuk meredam ketegangan antar negara sekaligus bersiap membelan kedaulatan wilayah nasional.

“Jadi kalau ada yang mempertanyakan Pak Menhan [Prabowo] pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan kita. Bukan untuk yang lainnya. Kalau masih ada yang bertanya, itu belum mengerti urusan diplomasi pertahanan,” katanya di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Selain itu, dia mengemukakan kepergian Prabowo ke luar negeri juga dilakukan untuk melihat alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang ingin dibeli oleh Indonesia.

Terkait dengan hal itu, Presiden Jokowi menyatakan Menteri Pertahanan tengah menjajaki kerja sama pengembangan alutsista dengan sejumlah negara antara lain Prancis, Korea Selatan, dan negara-negara di Eropa Timur.

“Meskipun saya tahu beliau ini ke negara-negara tertentu juga dalam rangka melihat alutsista yang ingin kita beli. Bagus atau tidak bagus, bener atau tidak bener, bisa digunakan atau tidak bisa digunakan, semuanya dicek secara detail.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi alutsista prabowo subianto menhan
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top