Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ingin Kembangkan Wawasan Global Generasi Muda? Manfaatkan KBRI

Hal itu ditegaskan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kolombia, Priyo Iswanto kepada kepada ratusan wisudawan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada acara wisuda ke-97.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 20 Oktober 2020  |  12:59 WIB
Ilustrasi - Festival Indonesia yang menyajikan berbagai makanan khas daera, panggung seni tradisional, dan pameran budaya Indonesia digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra, Sabtu (17/11). - Dok.KBRI Canberra
Ilustrasi - Festival Indonesia yang menyajikan berbagai makanan khas daera, panggung seni tradisional, dan pameran budaya Indonesia digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra, Sabtu (17/11). - Dok.KBRI Canberra

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar Republik Indonesia untuk Kolombia, Priyo Iswanto mengajak generasi muda untuk meningkatkan kewirausahaan dengan bertindak lokal berpikiran global. Kehadiran perwakilan Indonesia di negara lain dapat membantu generasi muda mengembangkan wawasan.

"Keberadaan Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri sebagai pintu untuk mendapatkan informasi tentang best practices yang ada di negara sahabat sehingga kita mengetahui apakah orang lain lebih baik dari kita atau sebaliknya," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (20/10/2020).

Priyo Iswanto menegaskan hal itu ketika memberikan kuliah umum secara daring kepada ratusan wisudawan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada acara wisuda ke-97.

Menurutnya, memberikan orasi ilmiah dan kuliah umum oleh duta besar di kampus-kampus merupakan kontribusi Perwakilan Republik Indonesia untuk berbagi informasi penting kepada masyarakat kampus di Indonesia.

Duta Besar RI untuk Kolombia ini mengajak wisudawan untuk berpikir cerdas, bertindak cepat, dan kerja keras dalam menghadapi tantangan globalisasi. Dia menyebutkan banyak best practices di luar negeri yang dapat menginspirasi bagi wisudawan yang mayoritas merupakan generasi milenial dan Gen-Z.

Kampus, katanya, dapat memanfaatkan keberadaan seluruh Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri sebagai pintu untuk mendapatkan informasi tentang best practices di negara lain.

"Boleh jadi kita tinggal di desa tetapi karena wawasan yang luas kita bisa menguasai dunia dengan karya kita," katanya.

Priyo Iswanto juga mengingatkan generasi muda yang sedang menghadapi situasi oxímoron yaitu dua situasi yang bertentangan. Dia mencontohkan humanisme digital misalnya di satu sisi peran manusia mulai digantikan oleh otomatisasi, robot dan lainnya.

"Namun, di sisi lain kemajuan yang dicapai juga perlu mengedepankan nilai-nilai kemanusian tradisional bukan sekadar bertumpu pada ilmu pengetahuan semata," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu duta besar kolombia
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top