Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemendikbud dan Satgas Covid-19 Gelar Program Duta Mahasiswa Perubahan Perilaku

Mahasiswa akan diterjunkan kembali untuk membantu Satgas Penanganan Covi-19 sebagai duta perubahan perilaku masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan 3M untuk mencegah penularan Covid-19.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  08:00 WIB
Kemendikbud mendukung Satuan Tugas Penanganan Covid-19 salah satunya dengan menyelenggarakan program Duta Mahasiswa Perubahan Perilaku. - Istimewa
Kemendikbud mendukung Satuan Tugas Penanganan Covid-19 salah satunya dengan menyelenggarakan program Duta Mahasiswa Perubahan Perilaku. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kecepatan penyebaran Covid-19 harus segera dihambat dengan melaksanakan protokol kesehatan, namun belum seluruh masyarakat melaksanakan 3M dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun 3M yang dimaksud adalah  memakai masker, menjaga jarak menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun) secara konsisten.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) berkomitmen untuk mendukung Satuan Tugas Penanganan Covid-19 salah satunya dengan menyelenggarakan program Duta Mahasiswa Perubahan Perilaku.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan target dari Duta Mahasiswa ini adalah mengubah pandangan masyarakat yang masih memiliki persepsi tidak mungkin terpapar atau terinfeksi Covid-19.

“Ini adalah misi kemanusiaan dalam rangka menyelamatkan jiwa manusia. Tugas kita harus memberikan penjelasan bahwa Covid-19 ini nyata, bukan rekayasa, bukan konspirasi. Korban jiwa sudah mencapai satu juta orang dan yang terpapar lebih dari 32 juta orang,” ujar Doni Monardo saat pengumuman Duta Mahasiswa Perubahan Perilaku di Jakarta, pada Selasa (13/10/2020).

Senada dengan itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam menyampaikan, bahwa sejak awal pandemi Covid-19, Kemendikbud bersama seluruh organisasi mahasiswa bidang kesehatan telah berhasil menjaring lebih dari 15.000 relawan untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19.

Semua relawan ini, mendapatkan capacity building melalui webinar dari WHO, Kementerian Kesehatan dan perhimpunan dokter spesialis.

“Saat ini, mahasiswa akan diterjunkan kembali untuk membantu Satgas Penanganan Covi-19 sebagai duta perubahan perilaku masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan 3M untuk mencegah penularan Covid-19,” ucap Nizam.

Pada saat yang sama, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covi-19, Sonny Harry B. Harmadi menyampaikan pembentukan Bidang Perubahan Perilaku pada Satgas Penanganan Covid-19 dimaksudkan untuk menangani permasalahan penularan dari hulu yaitu dengan mendorong percepatan perubahan perilaku masyarakat agar patuh 3M. Sonny berharap, penyadaran dan perubahan perilaku tersebut dapat memutus rantai penularan Covid-19.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para duta dari kalangan mahasiswa yang mau turun langsung ke lapangan melakukan edukasi perubahan perilaku di masyarakat agar patuh menerapkan protokol kesehatan 3M untuk pencegahan, penghentian penularan Covid- 19,” ujar Sonny.

Dalam melaksanakan tugasnya, lanjut Sonny, Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 didukung oleh tiga sub bidang yang sangat penting dan saling mendukung yaitu Sub Bidang Edukasi, Sosialisasi, dan Mitigasi.

“Kami harap tim ini mampu menggalang kolaborasi (pemerintah, media, masyarakat, pelaku usaha, dan akademisi) yang solid dan saling melengkapi,” kata Sonny.

Untuk diketahui, sebagai indikator keberhasilan dari program ini antara lain peningkatan persentase orang yang berubah perilakunya dari belum patuh menjadi lebih patuh, penurunan angka kasus aktif penularan Covid-19 di daerah sasaran, perubahan status zonasi risiko penularan Covid-19 di daerah sasaran, serta mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merespons masalah yang ada di lingkungannya akibat wabah Covid-19 berdasarkan pemetaan masalah dan perkembangannya secara berkala setelah diintervensi oleh kegiatan mahasiswa.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendikbud Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top