Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hamas-Fatah Jajaki Rekonsiliasi, Pemilu Palestina Bisa Terwujud?

Rencana pemilu Palestina di tengah upaya rekonsiliasi Hamas-Fatah menjadi salah satu poin pembicaraan Menlu Retno LP Marsudi dan Menlu Palestina Riad Maliki.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 30 September 2020  |  20:53 WIB
Hamas adalah organisasi Islam Palestina dengan sayap militer Izz ad-Din al-Qassam di wilayah Palestina. - Istimewa
Hamas adalah organisasi Islam Palestina dengan sayap militer Izz ad-Din al-Qassam di wilayah Palestina. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Palestina kian dekat dengan pelaksanaan Pemilu. Kondisi ini terjadi setelah adanya upaya rekonsiliasi antara faksi Fatah dan Hamas.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan virtual dengan Menlu Palestina Riad Maliki. Meski disebut situasi Palestina memprihatinkan, akan tetapi lain lagi dengan hubungan Hamas dan Fatah.

Menlu menyebutkan tentang terciptanya pesatuan antara Hamas dan Fatah, dua faksi di negara itu yang telah berseteru sejak 2006.

“Dijelaskan Menlu Palestina bahwa kedua faksi ini sedang terus melakukan pembicaraan yang akan mengarah kepada pelaksanaan Pemilu Palestina,” katanya, Rabu (30/9/2020).

Menanggapi hal itu, Retno menyebut bahwa Indonesia akan terus memberikan dukungan bagi perjuangan Palestina. Bahkan dukungan yang itu juga disampaikan Presiden pada penyampaian pidado nasional di Sidang Umum PBB.

Selain dukungan politik Indonesia juga telah memberikan dukungan keuangan dan capacity building bagi Palestina.

“Masa depan Palestina menjadi semakin tidak mudah dan penuh dengan tantangan. Tanpa dukungan dunia internasional yang kokoh, dikhawatirkan hak politik Palestina akan terabaikan,” tuturnya.

Seperti diketahui, pertikaian Fatah dan Hamas sudah berlangsung sejak 2006 saat Hamas memenangkan Pemilu Parlemen. Pada saat itu, Fatah menolak dan memboikot hasil itu.

Walhasil, Hamas mendepak Fatah dari Jalur Gaza. Sejak itu, kedua faksi memimpin dua wilayah berbeda. Hamas mengontrol Gaza dan fatah memimpin Tepi Barat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palestina hamas fatah kemenlu
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top