Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Keuntungan Industri China Tumbuh Empat Bulan Berturut-turut

Biro Statistik Nasional China melaporkan, keuntungan yang diperoleh industri nasional naik 19 persen pada Agustus dan melanjutkan tren positif tiga bulan sebelumnya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 September 2020  |  13:49 WIB
Pekerja mengenakan masker di pabrik milik Yanfeng Adient Seating Co. di Shanghai, China, Senin (24/2/2020). - Bloomberg/Qilai Shen
Pekerja mengenakan masker di pabrik milik Yanfeng Adient Seating Co. di Shanghai, China, Senin (24/2/2020). - Bloomberg/Qilai Shen

Bisnis.com, JAKARTA - Keuntungan yang diperoleh industri di China tumbuh selama empat bulan berturut-turut, karena pabrik-pabrik di negara itu mempertahankan momentum setelah adanya lockdown akibat pandemi Covid-19.

Biro Statistik Nasional China melaporkan, keuntungan yang diperoleh industri nasional naik 19 persen pada Agustus, setelah kenaikan 19,6 persen pada Juli. Meskipun demikian, secara year to date (ytd), keuntungan industry China masih turun 4,4 persen dari tahun sebelumnya.

Kenaikan tersebut disebabkan faktor-faktor termasuk berlanjutnya pemulihan produksi dan permintaan serta penurunan biaya bagi perusahaan.

Selain itu, Biro Statistik Nasional China juga melaporkan, pemulihan industri pertambangan mendorong kenaikan keuntungan bagi produsen peralatan yang terkait dengan pertambangan.

Namun demikian, Pemerintah China memperingatkan, momentum tersebut dapat memudar jika pertumbuhan ekspor yang saat ini melaju kuat, pada akhirnya melambat atau permintaan konsumen domestik tidak tumbuh dengan kuat.

"Pertumbuhan keununganperusahaan yang berkelanjutan dan stabil terus berada di bawah tekanan dalam menghadapi lingkungan domestik dan internasional yang kompleks dan berubah," kata Zhu Hong, seorang ekonom dari Pemerintah China, seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (27/9/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri china covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top