Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pendiri dan Chairman Nongfu Spring Zhong Shanshan memberikan presentasi atas produk-produk perusahaan minuman itu. - Bloomberg
Premium

Jack Ma Diharap Minggir, Zhong Shanshan Kini Orang Terkaya di China

24 September 2020 | 12:58 WIB
Kekayaan Zhong Shanshan kini sudah melampaui harta Jack Ma dan Ma Huateng, yang selalu mendominasi daftar miliarder China. Siapa Zhong Shanshan?

Bisnis.com, JAKARTA – Ada nama baru di daftar orang terkaya China. Tak tanggung-tanggung, Zhong Shanshan–konglomerat yang kerap dijuluki Lone Wolf karena memilih untuk menjauh dari politikus dan memilih-milih kolega bisnis–sudah mampu menggeser dominasi Jack Ma dan Ma Huateng.

Nama Zhong tercatat sebagai orang paling kaya di Negeri Panda oleh Forbes dan Bloomberg Billionaires Index sekaligus, Rabu (23/9/2020). Dia juga menjadi orang terkaya Asia saat ini, hanya kalah dari pengusaha India pemilik Reliance Industries Ltd., Mukesh Ambani, yang hartanya masih di kisaran US$85 miliar.

Secara global, Forbes maupun Bloomberg menempatkan Zhong di peringkat 17 orang terkaya dunia. Kekayaannya ditopang oleh bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bermerek Nongfu Spring, yang didirikannya pada 1996 dan dikelolanya hingga kini. 

Dalam pemeringkatan versi Forbes, per akhir perdagangan Rabu (23/9), kekayaannya naik 5,73 persen alias US$3,2 miliar ke angka US$58,4 miliar. Catatan ini menyalip harta Ma Huateng, pemuncak klasemen sebelumnya, yang kekayaannya turun 0,09 persen ke angka US$56,8 miliar.

Sementara itu, mengacu pemeringkatan versi Bloomberg Billionaire Index, kekayaan Zhong bertambah US$3,87 miliar menuju US$58,7 miliar. Torehan tersebut melampaui Jack Ma, orang terkaya China versi Bloomberg sebelumnya, yang nilai kekayaannya turun US$269 juta menjadi US$56,7 miliar.

Dalam paparannya, Bloomberg menggarisbawahi bahwa posisi Zhong belum sepenuhnya aman. Pasalnya, dalam waktu dekat Ant Group kepunyaan Jack Ma bakal menggelar Initial Public Offering (IPO) sehingga sangat mungkin kekayaan Ma bakal naik lagi hingga mengejar Zhong.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top