Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tenaga Medis Semakin Menipis, Dokter Faisal Imbau Masyarakat Terapkan 3M

Kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Faisal yang mengabdi di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso menyampaikan bahwa saat ini RSPI semakin kekurangan tenaga medis. Dia meminta masyarakat untuk terus menerapkan 3 M.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 September 2020  |  12:35 WIB
Presiden Joko Widodo tengah berbincang dengan dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P, seorang dokter spesialis paru, melalui aplikasi video call pada Minggu (27/9/2020) -  Istimewa
Presiden Joko Widodo tengah berbincang dengan dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P, seorang dokter spesialis paru, melalui aplikasi video call pada Minggu (27/9/2020) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Disiplin menerapkan 3M, hanya itu permintaan dokter Faisal Rizal Matondang kepada masyarakat agar penambahan pasien positif Covid-19 tidak terus melonjak.

Kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Faisal yang mengabdi di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso menyampaikan bahwa saat ini RSPI semakin kekurangan tenaga medis.

"Alat medis Insyaallah tersedia. Tenaga mungkin masih tetap kurang. Pasien makin bertambah," ujarnya melalui sambungan video yang diunggah di saluran YouTube Sekretariat Presiden, pada Minggu (27/9/2020).

Lebih lanjut, dia juga menceritakan mengenai kesehariannya saat merawat para pasien Covid-19 hingga akhirnya dia sendiri pun terpapar virus tersebut. Menurutnya, kebosanan merupakan salah satu hal utama yang dirasakan pasien saat menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit.

Untuk mengatasi hal tersebut, dirinya mengakui memberikan waktu dan atensi yang lebih bagi para pasiennya untuk berbincang dan bercanda meski merasakan keterbatasan dan sesak selama menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya.

"Saya biasa sama pasien-pasien sering agak lama. Di samping periksa, walaupun saya sesak karena tertutup oleh APD, saya suka bercanda-bercanda. Terakhir itu saya kasih semangat buat pasien supaya pasien tetap berpikir positif untuk dapat hasil negatif swab-nya," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi pun berempati dan mengapresiasi kinerja para dokter dan tenaga medis lainnya yang sangat sabar dalam menangani pasien.

"Saya bisa bayangkan betapa beratnya bertugas menangani Covid ini. Saya menyampaikan terima kasih, mengapresiasi yang tinggi, menghargai kerja keras yang tinggi dari para dokter dan tenaga medis yang berjuang," ucap Presiden.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi tenaga medis covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top