Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penanganan Covid-19, Pemerintah Perkuat Sinergi dengan Akademisi

Dalam menekan penyebaran virus corona di Indonesia dibutuhkan peran berbagai pihak, tidak terkecuali para akademisi.
Gedung Rektorat Universitas Indonesia./Antara-Feru Lantara
Gedung Rektorat Universitas Indonesia./Antara-Feru Lantara

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam menangani pandemi Covid-19 sekaligus memulihkan perekonomian nasional, pemerintah mempererat sinergi dengan kalangan akademisi.

Pasalnya, dalam menekan penyebaran virus corona di Indonesia dibutuhkan peran berbagai pihak, tidak terkecuali para akademisi.

Pada Kamis (17/9/2020), Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso hadir dalam penyampaian hasil kajian kebijakan (policy brief) Unversitas Indonesia (UI).

Di hadapan Susiwijono, para peneliti dan akademisi UI menyampaikan kajian dan rekomendasi untuk mengendalikan pergerakan masyarakat dan meningkatkan perilaku Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak (3M).

Hasil penelitian dan usulan kebijakan dari para akademisi UI tersebut diberi judul Menekan Laju Pertambahan Kasus Covid-19 dengan Mengendalikan Pergerakan Masyarakat dan Meningkatkan Perilaku 3M, yang disampaikan oleh Tim Sinergi Mahadata UI Tanggap Covid-19 yang terdiri dari anggota lintas disiplin ilmu.

“Kami juga tentu membutuhkan masukan kebijakan dari perguruan tinggi, terutama Universitas Indonesia, untuk membantu Pemerintah menekan peningkatan Covid-19,” tutur Susiwijono melalui keterangan resmi, Selasa (22/9/2020).

Pada kesempatan terpisah Selasa (22/9/2020), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh peneliti UI dalam kontribusi pengetahuan yang diberikan kepada Pemerintah untuk membantu menangulangi pandemi Covid-19.

Pihaknya mendorong diselenggarakannya pertemuan rutin dengan UI untuk membahas isu-isu strategis dan mengharapkan masukan kebijakan, untuk percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Dalam pemaparan tersebut, isu yang diangkat oleh Tim Sinergi Mahadata UI berhubungan dengan peningkatan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan pergerakan masyarakat yang tinggi, data yang menjadi dasar pengambil kebijakan bervariasi, belum terkoneksi, terintegrasi, dan tersinkronisasi sehingga belum mewakili kondisi yang sesungguhnya.

Penanganan Covid-19, Pemerintah Perkuat Sinergi dengan Akademisi

Ilustrasi-Tes virus Corona/Antara

Selain itu Tim tersebut juga mengangkat isu pelaksanaan 3M dan Tes-Lacak-Isolasi (TLI) yang belum konsisten, peningkatan kasus Covid-19 berdampak terhadap kondisi sosial ekonomi (ketahanan pangan dan ketenagakerjaan), dan desain kebijakan produk hukum pusat dan daerah belum sinergis berhasil menekan peningkatan kasus infeksi.

Di akhir paparan, beberapa rekomendasi yang diberikan oleh Tim Sinergi Mahadata UI antara lain perlunya meningkatkan perilaku di rumah saja (stay at home) dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam melakukan 3M, serta membatasi aktivitas masyarakat dan pergerakan ke luar kota.

Selain itu, diperlukan juga pembangunan sistem informasi data dan pusat data yang terkoneksi, terintegrasi dan tersinkronisasi, mengefektifkan TLI, dan akselerasi efektivitas penyaluran stimulus fiskal dan perlindungan sosial.

Lalu, mind-mapping regulasi untuk mendesain kebijakan pusat dan daerah yang sinergis dan kolaboratif, serta perlunya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) maupun Peraturan Perundang-Undangan lainnya sesuai kebutuhan.

Dialog antara Peneliti UI, Akademisi UI, dan Kemenko Perekonomian tersebut mengerucut pada perlunya sinergi dan masukan kebijakan dari UI bagi penanganan Covid-19.

Rektor UI Ari Kuncoro turut menyampaikan komitmen UI sebagai guru bangsa untuk terus menjadi mitra pemerintah dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19 dan memulihkan perekonomian nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper