Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

HSBC Bersiap Pangkas Karyawan di Prancis

Kebijakan tersebut akan berdampak pada divisi ekuitas dan fixed-income derivatif, kata salah seorang sumber.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 18 September 2020  |  21:57 WIB
 Gedung HSBC di London, Inggris, Rabu (8/8/2018). - Reuters/Hannah McKay
Gedung HSBC di London, Inggris, Rabu (8/8/2018). - Reuters/Hannah McKay

Bisnis.com, JAKARTA - HSBC Holding Plc. sedang menggodok rencana pemangkasan tenaga kerja untuk bagian produk derivatif yang berbasis di Paris, Prancis.

Kebijakan tersebut akan berdampak pada divisi ekuitas dan fixed-income derivatif, kata salah seorang sumber. Namun, hingga kini belum diketahui berapa jumlah karyawan yang akan dipangkas.

Bloomberg News sebelumnya telah memberitakan bank terbesar di Eropa tersebut berencana untuk mengurangi 255 pekerjaan dan 678 karyawan di Prancis pada awal 2022.

Beberapa posisi akan dipindahkan ke Asia, di mana banyak klien produk derivatif berada. Sumber Bloomberg menambahkan rencana tersebut belum mencapai final.

Pengurangan tenaga kerja di Prancis merupakan bagian dari perombakan global HSBC yang diumumkan oleh Chief Executive Officer Noel Quinn pada Februari lalu.

Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi aset tertimbang menurut risiko kotor lebih dari U$100 miliar dan memangkas 35.000 pekerjaan pada 2022. HSBC saat ini sedang fokus mengatasi penurunan bisnis di Prancis, di mana divisi ritelnya siap dijual.

Adapun, beberapa posisi di divisi produk derivatif akan tetap berada di Paris untuk melayani nasabah yang berada di Eropa.

Seorang juru bicara HSBC Prancis menolak untuk berkomentar mengenai hal ini, tetapi menegaskan pernyataan HSBC sebelumnya bahwa perusahaan ingin merelokasi sumber daya untuk mengatasi tantangan yang ada, fokus meningkatkan profitabilitas, dan mengurangi beban biaya.

Adapun, bisnis produk derivatif ekuitas telah lama menjadi tombak bisnis HSBC di Prancis. Namun, akhir-akhir ini mengalami penurunan dengan adanya pandemi virus corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prancis hsbc holdings plc hsbc

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top