Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Akan Biayai Hotel Bintang Dua dan Tiga untuk OTG Virus Corona

Pemerintah akan membiayai hotel bintang dua dan tiga untuk pasien yang terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) tanpa gejala.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 12 September 2020  |  20:08 WIB
Ilustrasi tes Virus Corona. - Antara
Ilustrasi tes Virus Corona. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Keuangan akan menyiapkan hotel bintang dua dan tiga untuk memfasilitasi pasien Covid-19 tanpa gejala di daerah atau provinsi yang mengalami pelonjakan kasus.

Ketua Satgas Nasional Covid-19 Doni Monardo menuturkan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, dua kementerian tersebut akan menjamin biaya untuk fasilitas itu.

“Pemerintah dalam hal ini, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Keuangan membiayai hotel bintang dua dan tiga untuk pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala di daerah,” ujarnya dalam konferensi daring, Sabtu (12/9/2020).

Dia menjelaskan bahwa rancangan tersebut merupakan sebuah jaminan kepada daerah atau provinsi, yang mengalami pelonjakan kasus positif Covid-19. Sementara itu, di Jakarta, sebanyak tujuh dari 67 rumah sakit rujukan Covid-19 melaporkan bahwa ruang ICU dan isolasi penuh 100 persen.

Sebanyak 46 dari 67 rumah sakit rujukan atau 68,8 persen terisi lebih dari 60 persen. Hanya 20,9 persen rumah sakit rujukan dengan kondisi ideal atau tingkat keterisian kurang dari 60 persen.

Fasilitas kesehatan yang tersisa menjadi satu alasan Gubernur DKI Anies Baswedan kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada 14 September 2020. Dia menilai tanpa PSBB, ruang isolasi dan ICU rumah sakit akan penuh pada 17 September 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel dki jakarta Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top