Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terima Hampir 400 Pengungsi Rohingya, Indonesia Desak Myanmar Tuntaskan Akar Masalah

Indonesia mendesak agar Myanmar, dengan bantuan negara ASEAN, dapat menyelesaikan core issue dengan tujuan agar repatriasi dapat dilakukan secara sukarela, aman dan bermanfaat.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 10 September 2020  |  07:32 WIB
Warga mengevakuasi pengungsi etnis Rohingya dari kapal di pesisir pantai Lancok, Aceh Utara, Aceh, pada Kamis (25/6/2020). - Antara/Rahmad
Warga mengevakuasi pengungsi etnis Rohingya dari kapal di pesisir pantai Lancok, Aceh Utara, Aceh, pada Kamis (25/6/2020). - Antara/Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meminta pemerintah Myanmar menyelesaikan akar permasalahan di Rakhine dan segera memfasilitasi repatriasi warga Rohingya.

Hal ini diungkapkan di depan forum Asean Ministerial Meeting (AMM) ke-53 yang dilakukan secara virtual, Rabu (9/9/2020) malam.

Retno melaporkan di depan anggota Asean lainnya bahwa Indonesia menerima 296 orang Rohingya pada 7 September yang terdampar di perairan Lhokseumawe.

Sebelumnya, pada 24 Juni, Indonesia juga telah menerima 99 orang Rohingya yang kini juga berada di Lhokseumawe dan telah terdaftar sebagai pengungsi resmi oleh UNHCR.

Retno menegaskan, yang dilakukan Indonesia dilakukan berdasarkan pertimbangan kemanusian untuk menampung masyarakat Rohingya sementara.

Kendati demikian, Indonesia menekankan bahwa akar permasalahan dari situasi ini harus diselesaikan.

"Oleh karena itu, Indonesia mendesak agar Myanmar, dengan bantuan negara ASEAN, dapat menyelesaikan core issue dengan tujuan agar repatriasi dapat dilakukan secara sukarela, aman dan bermanfaat," katanya semalam.

Bagi Indonesia, lanjutnya, Myanmar adalah rumah bagi masyarakat Rohingya dan harus mendapat perlindungan.

Selain itu, Indonesia juga mengajak kerja sama negara Asean lainnya untuk melawan kejahatan lintas batas, termasuk penyelundupan manusia yang kemungkinan besar dialami oleh masyarakat Rohingya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asean rohingya retno l.p. marsudi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top