Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Portofolio Temasek Holdings Tumbuh Minus, Pertama dalam 4 Tahun

Kinerja keuangan Temasek Holdings, BUMN Singapura, terhantam pandemi Covid-19 sehingga tumbuh minus untuk 1 tahun keuangan yang berakhir pada 31 Maret 2020.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 08 September 2020  |  20:39 WIB
Temasek  -  Bloomberg
Temasek - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Portofolio bersih Holdings (Private) Limited, perusahaan investasi milik Pemerintah Singapura, turun dari rekor tertinggi tahun lalu.

Penurunan ini untuk pertama kali terjadi dalam 4 tahun terakhir dan dampak pandemi virus corona jenis Covid-19 merupakan penyebab utama memburuknya kinerja finansial perusahaan tersebut.

Portofolio bersih Temasek bernilai Sin$306 miliar pada 31 Maret 2020, yang berarti 2,2 persen lebih rendah dibandingkan dengan rekor tahun lalu yang mencapai Sin$313 miliar, demikian pernyataan Temasek dalam tinjauan tahunannya pada Selasa (8/9/2020).

Hasil kinerja portofolio akhir Temasek, yang mengonfirmasi angka awal yang dirilis pada Juli, mencerminkan dampak pandemi virus corona di pasar keuangan global pada kuartal terakhir tahun keuangannya.

Pengembalian setahun bagi pemegang saham minus 2,28 persen, dibandingkan dengan 1,49 persen pada tahun keuangan sebelumnya.

Dalam jangka panjang, total pengembalian pemegang saham selama 10 tahun adalah 5 persen, turun dari 9 persen tahun lalu.

Terakhir kali laba periode setahun Temasek untuk pemegang saham negatif adalah pada 2016, ketika turun menjadi minus 9,02 persen akibat penurunan harga saham dari penempatan investasi.

Temasek mencatat bahwa pengembalian pemegang saham setahun adalah minus 29,6 persen pada 2009 selama krisis keuangan global, dan minus 18,8 persen pada 2003 di tengah epidemi Severe acute respiratory syndrome (SARS).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapura temasek

Sumber : The Straits Times

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top