Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Perguruan Tinggi Negeri Ini Masih Buka Pendaftaran Seleksi Mandiri

Universitas Dipoegoro (Undip) salah satunya, pendaftaran calin mahasiswa terakhir hari ini, Rabu (2/9/2020).
Universitas Airlangga/Istimewa
Universitas Airlangga/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Masih ada kesempatan bagi para lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat untuk bisa masuk ke universitas negeri.

Beberapa universitas masih membuka jalur seleksi mandiri. Berikut daftarnya:

Undip

Universitas Dipoegoro (Undip) salah satunya, terakhir mendaftarkan diri hari ini, Rabu (2/9/2020).

Universitas Diponegoro masih membuka jalur mandiri untuk S1 Gelombang 2. Pendaftarannya masih dibuka, mulai 27 Agustus – 2 September 2020. Adapun, seleksinya digunakan menggunakan nilai rapor.

Persyaratan untuk UM Undip Gelombang 2 ini antara lain siswa lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat atau lulus ujian persamaan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020 yang memenuhi persyaratan program studi yang dipilih, dan berusia maksimal 22 tahun.

Biaya pendaftarannya dikenakan Rp300.000 untuk pilihan Saintek atau Soshum saja, dan Rp500.000 untuk pilihan program studi campuran.

Unair

Universitas Airlangga (Unair) masih membuka seleksi jalur mandiri untuk pemenuhan pagu program sarjana. Pendaftarannya dimulai pada 1 September 2020 pukul 09.00 WIB dan akan berakhir pada 3 September 2020 pukul 17.00 WIB.

Seleksi ini masih dibuka untuk semua jurusan, kecuali kedokteran.

Adapun, persyaratannya secara umum adalah peserta SBMPTN atau S1 mandiri baik gelombang I atau II dengan mengunggah kartu peserta. Selain itu, peserta juga hanya diperbolehkan memilih satu program studi.

Selanjutnya, peserta diminta mengirim Form UKA (uang kuliah awal) Jalur Mandiri sesuai yang ditentukan oleh Unair. Jalur Mandiri ini tidak dibuka bagi pemegang KIP-Kuliah.

UNS

Universitas Sebelas Maret (UNS) masih membukaJalur Mandiri S1 Gelombang 2.

Pendaftaran dilaksanakan mulai 25 Agustus – 5 September 2020. Jalur ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang lulus dalam tiga tahun terakhir.

Dalam seleksinya, UNS akan menggunakan nilai UTBK (ujian tulis berbasis komputer) tahun 2020 dan bukti prestasi sesuai dengan program studi yang dipilih.

Beberapa persyaratan pendaftarannya antara lain WNI yang mengikuti UTBK 2020, memiliki dokumen prestasi, dan mendaftarkan diri sebagai peserta SM UNS.

Selain untuk jenjang S1, UNS juga membuka seleksi mandiri Gelombang 2 untuk program Diploma. Pendaftarannya dibuka sampai 8 September 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper