Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Sentral: Modal Perbankan Thailand Masih Kuat Hadapi Pandemi

Bank Sentral Thailand telah meminta perbankan menjalankan stress test untuk mengetahui ketahanan dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19).
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 23 Agustus 2020  |  11:07 WIB
Bangkok, Thailand. - Brent Lewin/Bloomberg
Bangkok, Thailand. - Brent Lewin/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bank-bank komersial Thailand disebutkan masih berkinerja baik di tengah ekonomi yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19.

Dilansir Bloomberg, Minggu (23/8/2020), pernyataan tersebut disampaikan oleh Deputi Gubernur Bank Sentral Thailand Ronadol Numnonda.

Dia mengatakan permodalan industri perbankan Thailand masih kuat, yang ditunjukkan dengan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) sebesar 19,2 persen pada akhir Juni.

"Bank-bank masih mencetak laba dan memiliki kecukupan likuiditas," ujarnya saat menjawab seorang ekonom yang menyebutkan perbankan Thailand sedang menghadapi masalah.

Bank Sentral Thailand telah meminta lembaga keuangan untuk menjalankan stress test dan hasilnya menunjukkan seluruh bank di Negeri Gajah Putih tersebut memiliki modal yang cukup untuk menghadapi badai ekonomi terparah akibat pandemi.

Ronadol menambahkan pihaknya dan pemerintah juga telah merilis kebijakan moneter dan fiskal untuk membantu pertumbuhan ekonomi di masa-masa sulit seperti saat ini.

Bank Sentral Thailand sedang berupaya dengan pelaku perbankan untuk merestrukturisasi pinjaman dan memastikan para debitur bisa memenuhi kewajiban mereka.

"Hal ini akan membantu lembaga keuangan untuk menjaga kualitas pinjaman dan mencegah kenaikan kredit bermasalah," ujar Ronadol.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand perbankan modal

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top