Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertama Kali, Siswa Indonesia Menang di Kejuaraan Debat Pelajar Dunia 2020

Judah Purwanto, pelajar SMA Pelita Harapan Lippo Village, berhasil menggondol Top 5 ESL Best Speaker dan Top 10 Open Best Speaker.
 World Schools Debating Championship (OWSDC)./Istimewa
World Schools Debating Championship (OWSDC)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Tim Indonesia berjaya dalam ajang Debat Pelajar Dunia  atau Online World Schools Debating Championship (OWSDC) tahun 2020.

Judah Purwanto, pelajar SMA Pelita Harapan Lippo Village, berhasil menggondol Top 5 ESL Best Speaker dan Top 10 Open Best Speaker.

Dikutip dari keterangan tertulis Kementeerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa (4/8/2020), prestasi tersebut adalah yang pertama kali diraih tim Indonesia.

Prestasi ini meningkat dari tahun lalu saat Indonesia mendapat penghargaan Best EFL Speaker di Bangkok. Adapun Kejuaraan Debat Pelajar Dunia 2020 digelar sejak 17 Agustus hingga 2 Agustus 2020.

Untuk Online World Schools Debating Championship 2020, tim Indonesia difasilitasi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud.

Tim tersebut terdiri dari tiga pendebat yaitu Cassia Tandiono dari SMA Pelita Harapan Kemang Village, Joshua Luke Tandiono dari SMA British Indonesia Jakarta, dan Judah Purwanto dari SMA Pelita Harapan Lippo Village.

Ketiga pendebat didampingi oleh tim pembina. Mereka adalah Rachmat Nurcahyo dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai team manager, dan Novelisa Wirid dari Universitas Gadjah Mada sebagai coach.

Indonesia juga mengirimkan juri dalam kompetisi ini, yakni Evelyn Mulyono di Vanderbilt University, Nashiville, USA dan Stephanie Purwanto di George Washington University, USA.

Panitia OWSDC 2020 membuat dua nama divisi/kelompok tim debat pada babak penyisihan berdasarkan zona waktu, yaitu divisi Astec dan divisi Maya. Tim Indonesia berada di zona waktu UTC+7 dan masuk dalam zona Maya. Terdapat 6 babak penyisihan dan 5 babak eliminasi dengan mosi debat yang bersifat prepared dan impromptu.

OWSDC 2020 diikuti oleh 68 tim debat jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 68 negara yang berpartisipasi. Terdapat 6 babak penyisihan dan 4 babak eliminasi. Tim Indonesia menyelesaikan 6 babak penyisihan dengan hasil 4 kemenangan dan 2 kekalahan. Babak penyisihan ke-1, tim Indonesia menang atas Jepang dengan memperdebatkan mosi This house would designate specific nonresidential area in which drug users and dealers are legally allowed to buy, use, and sell drugs.

Di babak penyisihan ke-2, dengan memperdebatkan mosi This house would pay additional benefits to families on welfare according to their child’s performance in school, tim Indonesia mengalahkan tim Kazakhstan. Pada babak penyisihan ke-3, Tim Indonesia mengalahkan tim Filipina dengan memperdebatkan mosi This house would replace human judgment with computer algorithms in criminal sentencing decisions.

Pada babak ke-4, Indonesia mengunci tiket ke babak eliminasi dengan mengalahkan tim Bangladesh dalam debat dengan mosi This house believes that mainstream search engines should refuses to list results with sexist, racist, or offensive content. Tim Indonesia kehilangan poin di babak penyisihan 5 dan 6 dengan dikalahkan tim India dan tim Malaysia.

Pada babak eliminasi, tim Indonesia tertantang dengan memperdebatkan mosi This house opposes narrative sacrifice as a description of the work performed by essential workers during crisis (war, pandemics, natural disaster), Indonesia dikalahkan tim Amerika Serikat dengan skor 3-2.

Dengan demikian tim Indonesia terhenti di babak Partial Double Octofinals dengan akumulasi skor 253, 64. Di divisi Maya OWSDC, skor tim Indonesia menempati peringkat 5.

Di acara pengumuman penghargaan OWSDC 2020, tim Indonesia mendapatkan penghargaan individu yakni Top 5 ESL Best Speaker dan Top 10 Open Best Speaker atas nama Judah Purwanto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper