Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kota Melbourne Terapkan Jam Malam, Bepergian Maksimal 5 Kilometer

Penduduk di kota Melbourne Australia dikenakan jam malam selama enam minggu ke depan akibat merebaknya wabah Covid-19 di wilayah itu.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  06:54 WIB
Tanda layanan publik mengenai jarak sosial ditampilkan di halte trem saat lockdown akibat pandemi corona di Melbourne, ibu kota Negara Bagian Victoria, Autstralia pada 23 Maret 2020./Blomberg - Carla Gottgens
Tanda layanan publik mengenai jarak sosial ditampilkan di halte trem saat lockdown akibat pandemi corona di Melbourne, ibu kota Negara Bagian Victoria, Autstralia pada 23 Maret 2020./Blomberg - Carla Gottgens

Bisnis.com, JAKARTA - Penduduk di kota Melbourne Australia dikenakan jam malam selama enam minggu ke depan akibat merebaknya wabah Covid-19 di wilayah itu.

Warga negara bagian Victoria tersebut juga dilarang bepergian lebih dari lima kilometer untuk berbelanja atau berolahraga. Pemerintah negara bagian kini sibuk mengendalikan virus corona baru yang menyebar secara cepat di wilayah tersebut.

Gubernur Victoria, Daniel Andrews mengumumkan bahwa mulai pukul 18:00 kemarin waktu setempat, jam malam diberlakukan bagi penduduk di wilayah metropolitan Melbourne selama enam minggu hingga 13 September seperti dikutip TheGuardian.com, Senin (3/8/2020).

Pemerintah negara bagian Victoria telah menyatakan keadaan darurat bencana dan memberlakukan tindakan penguncian baru setelah lonjakan infeksi virus corona.

Oleh karena itulah ada pembatasan lebih lanjut pada bagi penghuni untuk meninggalkan rumah.
Australia lebih berhasil daripada banyak negara lain dalam menangani Covid-19, tetapi kasusnya meningkat di Victoria.

Negara bagian terpadat kedua di Australia itu sekarang menjadi penyebab banyak infeksi baru negara itu dalam beberapa minggu terakhir sehingga mendorong kembalinya pembatasan kuncian pada awal Juli.

Gubernur Daniel Andrews mengatakan langkah-langkah itu berhasil tetapi terlalu lambat sperti dikutip BBC.com.

"Kita harus mengambil tindakan lebih keras dan itu satu-satunya cara kita akan sampai ke sisi lain," katanya kepada wartawan. Aturan baru akan berlaku sampai setidaknya 13 September, tambah Andrews.

Kemarin Victoria melaporkan 671 kasus virus corona baru dan tujuh kematian. Peningkatan itu membuat total 11.557 infeksi dan 123 kematian.

Jam malam waktu malam diterapkan di Melbourne mulai pukul 20:00 hingga 05:00. Sementara itu satu-satunya alasan yang sah untuk meninggalkan rumah selama jam-jam ini adalah bekerja, perawatan medis atau memberi perawatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

australia Virus Corona melbourne covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top