Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pilkada 2020: KPU Diminta Siapkan Skenario Bagi Pemilih yang Tak Pakai Masker

Bawaslu menyatakan jika protokol kesehatan tak diterapkan, maka dapat dikategorikan sebagai pelanggaran administrasi.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  19:02 WIB
Logo Pilkada Serentak 2020 - ANTARA - HO/KPU
Logo Pilkada Serentak 2020 - ANTARA - HO/KPU

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggara pemilu didorong untuk mengatur skenario apabila pemilih tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19 saat penyelenggaraan Pilkada 2020.

Anggota Bawaslu M. Afifuddin mengatakan perlu ada skenario apabila pemilih yang datang ke TPS tidak memakai masker. Menurutnya, salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah menyediakan stok masker.

Afif menuturkan jika protokol kesehatan tak diterapkan, maka dapat dikategorikan sebagai pelanggaran administrasi.

"Semua dinormakan menjadi PKPU objek pengawasan. Jadi pengawasan-pengawasan yang sifatnya protokol kesehatan akan kita kategorikan. Jika tidak dilakukan itu kategori pelanggarannya administrasi. Tapi untuk diperbaiki dalam waktu yang sangat cepat," kata Afif dalam diskusi bertajuk Pilkada 2020 Serius Enggak Sih secara virtual, Jumat (24/7/2020).

Dia mengatakan tidak menutup kemungkinan masyarakat belum disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan. Pasalnya, di beberapa daerah, khususnya zona hijau, dia menemukan banyak masyarakat sudah tidak memakai masker.

"Apakah KPU sudah menyiapkan 100 persen jatah untuk pemilih? belum tentu. Atau kita imbau semua orang bawa masker sendiri? bisa jadi," ujarnya.

Dalam pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19, Bawaslu telah memastikan tiap tahapan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Penerapan itu diterapkan khususnya pada tahapan yang berhadadapan langsung dengan pemilih seperti saat pencocokan data pemilih tetap dan pemungutan suara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu bawaslu Virus Corona Pilkada 2020
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top