Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wakil Wali Kota Solo Positif Covid-19, Anggota DPRD Swab Test

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo mengikuti rapat paripurna DPRD pada Rabu (22/7/2020).
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  16:21 WIB
Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solo, Sabtu (18/7/2020)./JIBI - Solopos/Akhmad Ludiyanto.
Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solo, Sabtu (18/7/2020)./JIBI - Solopos/Akhmad Ludiyanto.

Bisnis.com, JAKARTA -  Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, dikabarkan positif Covid-19, Jumat (24/7/2020), berdasarkan hasil swab test yang dilakukan akhir pekan lalu.

Informasi tersebut disampaikan salah seorang anggota DPRD Solo, Jumat (24/7/2020). "Informasinya Wakil Wali Kota Solo terkonfirmasi positif Covid-19. Mungkin bisa dicek ke gusgas," kata legislator yang minta dirahasiakan namanya itu.

Saat dimintai konfirmasi, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih, membenarkan informasi Wawali Solo Purnomo positif Covid-19.

Sementara Purnomo, saat dihubungi wartawan, Jumat, mengaku mendapat informasi dirinya positif Covid-19 pada Kamis (23/7/2020) sore.

"Coba tanya kepala dinas [kesehatan Kota Solo] saja, saya kan dua kali [tes swab] yang pertama negatif yang kedua kok kabarnya tendensi positif lha saya ndak berani cerita. Nyuwun priksa kepala dinas Bu Ning saja. Ini hasilnya saya tunggu kok," ungkap dia.

Ikut Rapat dengan DPRD

Orang nomor dua di Pemkot Solo itu pada Rabu (22/7/2020) mengikuti rapat paripurna DPRD. Terkait hal itu, Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, saat diwawancarai wartawan mengaku mendapat informasi Achmad Purnomo positif Covid-19 dari Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

“Tadi pagi dari Pak Wali pada saat sepedaan,” ujar dia.

Politikus PDIP itu langsung berkoordinasi dengan Sekretaris DPRD Solo, Puguh Priyadi, untuk melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan gedung wakil rakyat di Karangasem.

Namun, untuk kegiatan DPRD Solo tetap berjalan hingga Jumat siang. “DPRD sudah disemprot begitu tadi dapat informasi [Wakil Wali Kota Solo positif Covid-19]. Saya koordinasi dengan Pak Sekwan, lingkungan kita sudah disemprot. Mudah-mudahan anggota DPRD negatif,” urai dia.

Selain penyemprotan massal, sekitar 18 legislator akan menjalani swab test pada Sabtu (25/7/2020) pagi. Peserta swab test termasuk Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Sekretaris DPRD Solo Puguh Priyadi, dan satu orang staf Sekretariat DPRD.

Mereka akan menjalai swab test karena sempat kontak dengan Wawali saat rapat paripurna DPRD pada Rabu lalu. “Total 21 orang akan test swab besok. Terdiri atas 18 anggota DPRD termasuk saya, Pak Wali, dan dua orang dari Sekretariat DPRD,” kata dia.

Selain Budi, anggota DPRD Solo yang akan mengikuti swab test menyusul informasi Wakil Wali Kota Solo positif Covid-19 pada Sabtu yakni Teguh Prakosa. Teguh ikut berbincang dengan Wawali saat menunggu dimulainya rapat paripurna, Rabu.

Ada enam orang yang berbincang santai saat itu. “Pak Wali Kota juga ikut duduk-duduk dan berbincang dengan kami dan Pak Wawali sebelum paripurna. Jadi akan ikut swab test. Sebanyak 21 orang yang akan menjalani swab test ini hasil tracing dari video rekaman saat paripurna,” sambung dia.

Teguh Prakosa diminta tanggapan Solopos.com mengakui ikut berbincang dengan Achmad Purnomo pada Rabu. Selain dirinya, ada juga beberapa legislator DPRD Solo saat itu yakni Sugeng Riyanto, Honda Hendarto, dan Achmad Sapari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

solo Virus Corona covid-19

Sumber : JIBI

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top